James Wolfensohn, Mantan Presiden Bank Dunia Wafat dalam Usia 86 Tahun

James Wolfensohn menghabiskan sebagian besar hidupnya di AS.
Sarah Fiba - Kamutau?,Jumat, 27-11-2020 15:30 WIB
James Wolfensohn, Mantan Presiden Bank Dunia Wafat dalam Usia 86 Tahun
(Al)

Nusantaratv.com- James Wolfensohn, mantan Presiden Bank Dunia, meninggal pada Rabu (24/11) di rumahnya di Manhattan, New York, AS, dalam usia 86 tahun. 

Bankir kelahiran Sydney ini menjadi presiden Bank Dunia selama satu dekade yakni dari tahun 1995 hingga 2005. 

Menurut David Malpass, presiden Bank Dunia saat ini, Wolfensohn adalah seorang pemimpin yang bekerja dengan transformasinya, meningkatkan desentralisasi, memajukan Bank secara teknologi, dan membuat organisasi lebih terbuka dan transparan. 

Malpass menambahkan bahwa di bawah kepresidenan Wolfensohn, organisasi yang berbasis di Washington itu telah mempertajam fokusnya pada pengurangan kemiskinan dan melipatgandakan upayanya untuk memerangi korupsi, memberikan suara kepada orang miskin dan memperbesar dampak investasi pembangunan.

NPR melaporkan, bagian dari strategi Wolfensohn untuk mengentaskan kemiskinan global adalah dengan mempercepat peralihan dari proyek infrastruktur yang sulit dirawat di negara berkembang ke program pinjaman sektor sosial.

Dia juga memusatkan upaya untuk membangun kembali negara-negara yang dilanda perang, termasuk Rwanda dan Bosnia. 

Di bawah kepemimpinannya, Bank Dunia menjadi salah satu pemberi dana terbesar untuk pendidikan dasar, kesehatan, program HIV / AIDS dan lingkungan, menurut situs webnya. 

Wolfensohn menghabiskan sebagian besar hidupnya di AS. Dia bersekolah di Harvard Business School pada tahun 1957 dan lulus dengan gelar master dalam administrasi bisnis.

Selain karir panjang Wolfensohn di bidang keuangan, dia adalah pemain cello dan filantropis yang handal.

Dia juga mendirikan Wolfensohn Center for Development di Washington, Brookings Institution, yang berfokus pada program anti-kemiskinan dan tata kelola ekonomi global.

Di masa mudanya, Wolfensohn adalah seorang perwira di Royal Australian Air Force dan mewakili Australia dalam olahraga anggar di Olimpiade 1956.

Istri Wolfensohn, Elaine, meninggal terlebih dulu pada awal tahun ini. Dia meninggalkan tiga orang anak.

Rest In Peace Mr Wolfensohn... 

 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0