Ini Tanda-Tanda Alam Akan Datangnya Tsunami

Salah satu tandanya, surutnya mata air dari sumur warga dan air laut yang secara tiba-tiba.
Supriyanto - Kamutau?,Kamis, 01-10-2020 19:21 WIB
Ini Tanda-Tanda Alam Akan Datangnya Tsunami
Alam akan memberi tanda akan datangnya tsunami./sosok.grid.id

Nusantaratv.com - Masyarakat di daerah pesisir Pulau Jawa kini diminta selalu waspada terhadap kemungkinan adanya gempa megathrust dan datangnya tsunami setinggi 20 meter.

Pesan ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Terkait hasil riset dari Institut Teknologi Bandung (ITB), BMKG mengimbau masyarakat tidak perlu panik, karena hasil riset tersebut belum tentu terjadi dalam waktu dekat ini.

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, potensi itu merupakan skenario terburuk yang akan terjadi jika zona yang selama ini terkunci di Selatan Jawa Barat dan Selatan Jawa Timur lepas bersama-sama.

Untuk mengantisipasinya, selain mengandalkan deteksi dini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan mulai membaca tanda-tanda alam akan datangnya tsunami.

“Kenali Tanda-tanda Alam jika Akan Terjadi Bencana Tsunami dalam Waktu Dekat”, lebih lanjut BPBD Lumajang menjelaskan ada dua tanda yang sangat jelas mengawali kedatangan tsunami dalam waktu dekat.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Ketika Mata Batin Terbuka?

Tanda pertama, naluri binatang burung begitu kuat sehingga banyaknya burung laut yang terbang ke darat merupakan salah satu tanda bahaya tsunami.

Tanda kedua, yakni surutnya mata air dari sumur warga dan air laut yang secara tiba-tiba.

“Burung burung laut terbang ke darat dan air sumur masyarakat terutama masyarakat di sekitar pantai, harus ada siskamling saat ini,” tutur Wawan HS selaku petugas Logistik Kesiapsiagaan Bencana.

Oleh karena itu, Wawan berharap masyarakat dapat mengaktifkan sistem siskamling, terutama di Desa Tangguh Bencana (Desana), yaitu di daerah sekitar pantai dengan Early Warning System (EWS) atau sirene telah disiapkan di masing-masing lokasi titik terdampak tsunami seperti di Masjid dan Balai desa.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0