Ingin Sukses Usaha? Siapkan Modal 3 M dan Pelihara ‘TUYUL’

Meski tidak mengenyam pendidikan tinggi, Mbah Lasiyo telah menerima banyak penghargaan baik dari dalam negeri maupun internasional.
Supriyanto - Kamutau?,Selasa, 27-10-2020 17:19 WIB
Ingin Sukses Usaha? Siapkan Modal 3 M dan Pelihara ‘TUYUL’
Selain perencanaan yang matang, juga diperlukan ketekunan dalam berusaha.

Nusantaratv.com - Bagi yang hendak membuka usaha, mungkin perlu menyimak tips sukses yang diberikan oleh seorang pria asal bantul Yogyakarta ini, agar sukses usahanya.

Dalam unggahan video yang kini viral, pria tersebut menyebutkan bahwa syarat untuk sukses diperlukan modal 3 M, (bukan milyar lho), tapi yang dimaksud dengan 3 M adalah, Melihat, Memahami dan Melaksanakan. Dan kalau usahamu ingin lebih sukses lagi, menurut pria yang biasa disebut dengan Mbah Lasiyo ini, kamu disarankan juga memelihara ‘TUYUL’.

“Untuk usaha itu, kita modalnya adalah 3 M,  M satu adalah melihat, M dua adalah memahami, dan M tiga melaksanakan, jika dilakukan dengan baik dan benar Insya Allah akan berhasil, tapi bila ingin berhasil lagi, bila kita memelihara ‘TUYUL’, ujar pria tersebut.

Dari laman Youtube Kementerian Pertanian RI, Mbah Lasiyo adalah seorang petani pisang di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di daerahnya Mbah Lasiyo sering dipanggil Profesor Pisang, karena sukses menangkarkan aneka bibit pisang.

Baca Juga: Libur Panjang, KAI Daop 4 Tambah Perjalanan Dua KA

Bahkan di halaman rumahnya, ada ratusan varietas bibit pisang dari berbagai daerah. Mulai pisang raja bagus, raja bulu dan kepok kuning, pisang ambon kuning, hingga pisang susu dan masih banyak lainnya.

Nah, mengenai istilah ‘TUYUL’ tadi, ternyata tidak ada hubungannya dengan makhluk halus lho. Tapi kata Tuyul dimaksud adalah sebuah singkatan.

“Tuyul itu mitos, itu singkatan, “TUYUL” itu T adalah taat, U = usaha, Y = yakin, U = ulet (inovasi), L = lincah,” jelasnya pada video tersebut.

Meski tidak mengenyam pendidikan tinggi. Berkat pemahamannya tentang tanaman pisang, Mbah Lasiyo telah menerima banyak penghargaan baik dari dalam negeri maupun internasional.

Ayo bagi yang miliki modal 3 M dan Berani memelihara ‘TUYUL’, segera buka usaha seperti kata mbah Lasiyo.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
1
wow
0