Gertak Cina, India Pamer Lima Jet Tempur Rafale

India telah membeli 36 jet tempur Rafale dari Prancis
Sarah Fiba - Kamutau?,Kamis, 30-07-2020 12:58 WIB
Gertak Cina, India Pamer Lima Jet Tempur Rafale
(CNA)

Nusantaratv.com- Lima jet tempur Rafale pertama yang dibeli dari Prancis dalam kesepakatan bernilai miliaran dolar mendarat di India pada hari Rabu (29/7/20) dan menteri pertahanan menggunakan kedatangan mereka untuk meluncurkan peringatan terselubung kepada negara tetangga Cina atas ketegangan teritorial.

Penjaga kehormatan meriam air menyambut lima jet ketika mereka mendarat di pangkalan udara Ambala di negara bagian Haryana. 

Sebuah sorotan nasional yang intens pada jet tempur telah dipertajam oleh pertikaian perbatasan yang mematikan dengan Cina.

India telah membeli 36 jet tempur Rafale dari Prancis dalam kesepakatan yang diperkirakan bernilai US $ 9,4 miliar. Semua dijadwalkan akan dikirimkan pada akhir 2021.

Menteri Pertahanan Rajnath Singh mengatakan kedatangan jet tempur menandai awal era baru dalam sejarah militer negaranya. 

Jet-jet itu akan membuat Angkatan Udara India jauh lebih kuat untuk mencegah segala ancaman yang mungkin ditimbulkan terhadap negara kita", tambahnya dalam serangkaian tweet. 

Dia tidak secara langsung menyebut nama Cina tetapi media dan pengamat mengatakan komentarnya jelas ditujukan pada raksasa tetangga itu.

"Jika ada orang yang harus khawatir atau kritis tentang kemampuan baru Angkatan Udara India ini, mereka yang ingin mengancam integritas wilayah kita," kata Singh.

Pasukan India dan Cina telah mengalami  kebuntuan selama enam minggu di perbatasan Himalaya mereka sejak pertempuran satu lawan satu di mana 20 tentara India terbunuh.

Kedua pihak saling menyalahkan atas bentrokan di wilayah Ladakh dan sejak itu telah memindahkan ribuan tentara di sana sambil melakukan pembicaraan yang mereka katakan bertujuan untuk meredakan ketegangan.

Pembelian jet Rafale adalah satu dari banyak yang dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan pasukan 1,4 juta pasukannya.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0