Gelar Pebasket Terbaik, Mendiang Kobe Bryant Urutan ke Sembilan

Kanal berita olahraga asal Amerika Serikat, ESPN, telah merilis daftar 10 pebasket NBA terbaik.
Supriyanto - Kamutau?,Kamis, 24-09-2020 08:56 WIB
Gelar Pebasket Terbaik, Mendiang Kobe Bryant Urutan ke Sembilan
Michael Jordan dan Kobe Bryant./headtopics.com

Nusantaratv.com – Beberapa waktu lalu, kanal berita olahraga asal Amerika Serikat, ESPN, telah merilis daftar 10 pebasket NBA terbaik menurut versi mereka.

Berdasarkan hasil vote para panelis, ESPN menempatkan legenda Chicago Bulls, Michael Jordan, terpilih menjadi yang nomor satu.

Semua orang rasanya sepakat posisi teratas ditempati oleh sosok yang berjuluk ‘Air’ ini. Bersama Chicago Bulls, Jordan sukses meraih enam titel gelar juara NBA (1991-1993 dan 1996-1998).

Selain sisi prestasinya yang spektakuler, Michael Jordan ternyata juga memberi dampak positif yang sangat besar bagi perkembangan cabang olah raga Basket secara global hingga hari ini.

Sepatu Air Jordan menjadi salah satu bukti nyata dampak positif Michael Jordan. Sepatu ini menjadi salah satu simbol kemapanan seseorang dan seolah wajib dimiliki pecinta basket.

Baca Juga: Ini Hasil Manager Meeting Extraordinary Competition Liga 1 2020

Pendapatan Michael Jordan dari penjualan sneakers (sepatu) juga sangat tinggi, mencapai 132 juta dolar AS (sekitar Rp1,9 triliun).

Film dokumenter tentang masa kejayaan Chicago Bulls, The Last Dance, yang ditayangkan ESPN dan Netflix juga mendapatkan perhatian besar di dunia.

Peringkat kedua ditempati LeBron James. Boleh dibilang, ia pebasket terbaik saat ini meski sudah cukup lama tak menyabet gelar most valuable player (MVP).

Salah satu alasan yang membuat ESPN memilih pemain Los Angeles (LA) Lakers tersebut di belakang Michael Jordan adalah aksi epiknya pada final NBA 2015-2016.

Saat itu, LeBron James masih membela Cleveland Cavaliers. Cavs yang sempat tertinggal 1-3 dari Golden State Warriors dibawanya membalikkan keadaan jadi 4-3.

Momen tersebut sangat bersejarah bagi LeBron James karena itu adalah kali pertama ada klub NBA yang mampu menjadi juara setelah sempat tertinggal 1-3.

Di tempat ketiga ada Kareem Abdul-Jabbar. Ia merupakan pemain besar di era 1970-an dan 1980-an. Seperti Jordan, koleksi cincin juara NBA-nya ada enam buah.

Hanya saja bedanya, Kareem Abdul-Jabbar mendapatkannya dari dua klub berbeda. Sekali bersama Milwaukee Bucks dan lima lainnya saat berkostum LA Lakers.

Lalu di mana posisi mendiang Kobe Bryant? ESPN ternyata hanya menempatkan legenda LA Lakers tersebut di peringkat kesembilan.

Padahal, saat masih aktif, Kobe Bryant kerap disebut sebagai pewaris sukses Michael Jordan. Layaknya MJ, pengaruh dan popularitasnya juga tak perlu diragukan.

Saat Bryant pensiun pada 2016 lalu, atensi dunia terhadapnya begitu besar. Bahkan, tiket pertandingan di setiap arena naik drastis saat ia bermain di musim 2015-2016.

Besarnya perhatian orang juga tampak saat Kobe Bryant secara tragis meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter di Calabasas, California, awal Januari 2020.

Melengkapi daftar, peringkat keempat menjadi milik center legendaris Boston Celtics Bill Russell. Sementara posisi lima ditempati Magic Johnson (LA Lakers).

Wilt Chamberlain (Philadelphia 76ers, LA Lakers) didapuk di tempat keenam. Sedangkan Larry Bird (Boston Celtics) mengokupasi posisi ketujuh. 

Peringkat delapan diberikan kepada Tim Duncan (San Antonio Spurs), yang dianggap layak berada di atas Kobe Bryant. Posisi 10 menjadi milik eks-rekan Bryant, Shaquille O’Neal.

Sumber: nba.skor.id

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0