Gegara Pesanan Fiktif, Kedai Kopi Ini Didenda Rp4,3 Miliar

Tindakan Penipuan Sebagian Besar Dipromosikan Melalui Berbagai Konferensi Pers dan Media Sosial.
Adiantoro - Kamutau?,Rabu, 14-10-2020 09:46 WIB
Gegara Pesanan Fiktif, Kedai Kopi Ini Didenda Rp4,3 Miliar
Luckin Coffe.

Jakarta, Nusantaratv.com - Salah satu kedai kopi di China dikenai denda sebesar 2 juta yuan (Rp4,3 miliar). Denda diberikan setelah kedai kopi itu kedapatan membuat 123 juta pesanan palsu (fiktif).

Dilansir dari Panda Daily, Rabu (14/10/2020), Badan Regulasi Pasar China (SAMR) dalam keputusannya yang dipublikasikan pada Senin (12/10/2020) menjatuhkan sanksi denda tersebut kepada lima perusahaan, utamanya Luckin Coffee China Co Ltd.

Dalam keputusan tertulisnya, SAMR mengungkapkan Luckin Coffee China dan Luckin Coffee Beijing selama periode April-Desember 2019 bekerja sama dengan beberapa perusahaan pihak ketiga guna memalsukan pendapatan, biaya, laba, dan statistik pemasaran utama lainnya.

Baca Juga: Kopi ‘OJek Malam’ Bikin Kuat Begadang?

Perbuatan tersebut bertujuan meningkatkan pendapatan dan catatan transaksi perbankan untuk membangun persaingan secara kompetitif, namun hal itu sangat menyesatkan bagi konsumen.

Tindakan penipuan ini sebagian besar dipromosikan melalui berbagai konferensi pers dan acara publik, serta di situs web maupun akun media sosial Luckin Coffee. Data palsu Luckin Coffee yang ditemukan termasuk transaksi senilai 2,25 miliar yuan, pendapatan 2,1 miliar yuan, biaya 1,2 miliar yuan, dan keuntungan 900 juta yuan.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0