Dua Pasangan LGBT Ikut Nikah Massal yang Digelar Militer Taiwan

Upacara di pangkalan militer di kota utara Taoyuan berlangsung singkat. 
Sarah Fiba - Kamutau?,Sabtu, 31-10-2020 10:26 WIB
Dua Pasangan LGBT Ikut Nikah Massal yang Digelar Militer Taiwan
(CNA)

Nusantaratv.com- Dua pasangan LGBT menikah  massal untuk pertama kalinya yang  diadakan oleh militer Taiwan pada hari Jumat (30/10). 

Taiwan adalah satu-satunya tempat di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis, dengan lebih dari 4.000 pasangan menikah sejak undang-undang tersebut disahkan pada Mei 2019. 

Melansir CNA, pernikahan massal dengan 188 pasangan adalah pertama kalinya pasangan sesama jenis dinikahkan dan dirayakan pada upacara militer.

Kedua pasangan melihat upacara mereka dengan rasa tanggung jawab mewakili komunitas LGBT. 

“Kami berharap semakin banyak orang LGBT di militer yang berani berdiri, karena militer kami sangat berpikiran terbuka. Dalam urusan cinta, semua orang akan diperlakukan sama, ”kata Chen Ying-hsuan, 27, seorang letnan tentara yang menikahi Li Li-chen, 26.

Chen mengenakan gelang pelangi dan berkata bahwa dia selalu terbuka tentang orientasi seksualnya saat menjadi prajurit. 

Upacara di pangkalan militer di kota utara Taoyuan berlangsung singkat.

Pasangan tersebut mengambil bagian dalam pawai dan kemudian bertukar cincin di depan hadirin anggota keluarga dan perwira senior mereka.

Yumi Meng, 37, dan istrinya, Mayor Angkatan Darat Wang Yi, 36, menyeka air mata saat mereka bertukar cincin. 

Meng mengenakan sepatu kets di bawah gaun pengantinnya, sementara Wang mengenakan seragam petugasnya. Mereka masing-masing membawa bendera kebanggaan sepanjang upacara.

Sejak pernikahan sesama jenis menjadi legal di Taiwan, 4.021 pasangan seperti itu telah menikah, dengan 69 persen di antaranya adalah pasangan lesbian, menurut data pemerintah terbaru.

Militer tampaknya bukan institusi yang tidak mungkin menjadi tempat pernikahan sesama jenis, tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah terbuka, kata Victoria Hsu, salah satu pendiri Aliansi Taiwan untuk Mempromosikan Hak Kemitraan Sipil. 

 

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0