Dalam Hitungan Menit, Peneliti Ciptakan Berlian dalam Suhu Ruangan

Berlian Sintetis Memang Bukanlah Hal Baru dan Sudah Ada Selama Beberapa Dekade.
Adiantoro - Kamutau?,Jumat, 20-11-2020 11:40 WIB
Dalam Hitungan Menit, Peneliti Ciptakan Berlian dalam Suhu Ruangan
(Foto: Ubergizmo)

Jakarta, Nusantaratv.com - Salah satu alasan mengapa berlian sangat bernilai adalah karena batu itu tercipta secara alami. Berarti, berlian perli dicari dan ditambang.

Mengutip Ubergzimo, Jumat (20/11/2020), permintaan berlian menimbulkan kontroversi terkait masalah tenaga kerja dan kondisi pekerjaan di penambangan.

Akibatnya, mengapa sejumlah orang mencari alternatif yang lebih berkelanjutan dan etis. Nah! Ada kabar baik bagi mereka yang mencari alternatif tersebut. Para peneliti dari the Australian National University (ANU) dan RMIT University di Melbourne, Australia, berhasil menciptakan berlian pada suhu ruangan dan hanya memerlukan waktu beberapa menit.

Berlian sintetis memang bukanlah hal baru dan sudah ada selama beberapa dekade. Namun, yang membuat temuan para peneliti ini menarik adalah karena pembuatannya dilakukan dalam suhu ruangan. Hal ini berbeda dengan berlian sintetis lainnya yang perlu panas yang tinggi.

Para peneliti mengklaim berlian itu diciptakan dengan tekanan setara dengan 640 gajah Afrika berusaha menyeimbangkan diri memakai sepatu balet. Dengan teknik itu, mereka berhasil menciptakan dua jenis berlian dengan struktur yang berbeda.

Salah satunya mirip dengan berlian yang dipakai pada perhiasan. Sedangkan jenis lainnya dikenal dengan nama Lonsdaleite. Dimana jenis ini bisa ditemukan pada situs tempat batu meteor jatuh. Jenis berlian ini bisa digunakan untuk mengebor materi pada situs penambangan.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0