Bukan Wuhan, Ilmuwan Klaim Virus Corona Datang dari India

Coronavirus pertama kali diidentifikasi di China Desember lalu.
Sarah Fiba - Kamutau?,Minggu, 29-11-2020 09:27 WIB
Bukan Wuhan, Ilmuwan Klaim Virus Corona Datang dari India
(BE)

Nusantaratv.com- Ilmuwan dari Akademi Ilmu Pengetahuan China menyimpulkan bahwa Covid-19 kemungkinan ditularkan dari hewan ke manusia melalui air yang terkontaminasi di India pada musim panas 2019 sebelum menyebar ke Wuhan, tempat virus pertama kali dilaporkan.

Klaim dari para peneliti China muncul di tengah bentrokan kekerasan antara China dan India atas sengketa perbatasan di wilayah Himalaya.

Dalam penelitian mereka, tim China meneliti bagaimana virus corona bermutasi sebagai cara untuk melacak asalnya. 

Semua sel bermutasi saat mereka bereproduksi, dengan sedikit perubahan DNA yang terjadi setiap saat - dan para ilmuwan berpendapat bahwa dengan menemukan sampel dengan mutasi paling sedikit, versi asli virus dapat diidentifikasi. 

Menurut makalah mereka , metode ini membuktikan virus yang ditemukan di Wuhan bukanlah versi paling awal.

 Mereka menyarankan Covid-19 bisa berasal dari delapan negara lain: Bangladesh, Amerika Serikat, Yunani, Australia, India, Italia, Republik Ceko, Rusia atau Serbia. 

Mereka menulis bahwa dari Mei hingga Juni 2019, gelombang panas terpanjang kedua yang tercatat telah mengamuk di India tengah-utara dan Pakistan, yang menciptakan krisis air yang serius di wilayah ini. 

 Kekurangan air membuat hewan liar seperti monyet terlibat dalam pertarungan mematikan antara satu sama lain dan pasti akan meningkatkan kemungkinan interaksi manusia-hewan liar. 

 'Kami berspekulasi bahwa penularan SARS-CoV-2 [dari hewan ke manusia] mungkin terkait dengan gelombang panas yang tidak biasa ini.' 

 Coronavirus pertama kali diidentifikasi di China Desember lalu. Ini menyebar dengan cepat ke seluruh negeri, sebelum menyebar ke seluruh dunia dan mengakibatkan pandemi. 

Tidak ada yang dapat mengidentifikasi orang pertama yang terjangkit virus tersebut, yang berarti saat ini tidak mungkin untuk menentukan secara tepat kapan atau di mana infeksi pertama terjadi.

 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0