Begini Wujud Tebing Niagara Saat Mengering

Air terjun Niagara sebagai ikon Amerika Serikat sudah terkenal kemana-mana.
Supriyanto - Kamutau?,Minggu, 18-10-2020 17:49 WIB
Begini Wujud Tebing Niagara Saat Mengering
Air terjun Niagara.

Nusantaratv.com - Air terjun Niagara sebagai ikon Amerika Serikat sudah terkenal kemana-mana. Tapi tahukah kalian bahwa air terjun yang perdetiknya mengalirkan 60.000 galon perdetik pernah dikeringkan?

Ya pada 1969 lalu, karena adanya longsor di beberapa batuan tebing Niagara, Pemerintah Amerika Serikat memutuskan untuk memperbaiki dan memperkokoh tebing Niagara. Perlu dilakukan analisa kestabilan batuan di dasar air terjun tersebut. Dan untuk melakukan itu, berarti aliran airnya harus dihentikan sementara.

The United States Army Corps of Engineers (USACE) yang ditugaskan mengerjakan proyek itu,  bertindak cepat. Mereka mencoba memotong aliran air terjun dari yang tadinya 60.000 galon per detik menjadi 15.000 galon per detik.

Dengan mengerahkan 1.264 truk pengangkat beban, sekitar 27.800 ton pasir dan tanah digunakan untuk mematikan sementara aliran air. Pasir-pasir yang digunakan itu telah berhasil mengurangi aliran air terjun dari 100 kaki ke 45 kaki, sedangkan kedalaman landaian berkisar 25 kaki hingga 50 kaki.

Beruntungnya, pengerjaan ini tidak berdampak sedikit pun pada keindahan tampilan Air Terjun Niagara setelah aliran Niagara diaktifkan kembali. Peristiwa berhenti mengalirnya Air Terjun Niagara pada tahun 1969 ini cukup menghebohkan publik Amerika kala itu.

Namun menariknya, pengeringan atau dewatering Niagara ini kabarnya akan kembali dilakukan karena ada jembatan tua berusia 115 tahun di kawasan tersebut yang perlu dibongkar.

“Pengeringan ini dilakukan karena ada jembatan tua berusia 115 tahun yang perlu dibongkar. Agar pondasi kokoh, tentu diperlukan kondisi yang kering,” ujar Angela Berti, Agensi Taman dan Transportasi New York State.

Namun, menurut Anglea, proses perbaikan yang diprediksi akan memakan waktu lama itu belum dipastikan kapan dimulainya. Tentu menjadi pemandangan yang menarik kalau kita sempat melihat air terjun niagara mengering. Kita tunggu saja ya kapan renovasi itu akan dilakukan.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0