Atas Nama Kemanusiaan, Dunia Siap Bergandengan Galang Dukungan untuk Lebanon

Dua ledakan besar mengguncang Ibukota Lebanon, Beirut pada hari Selasa (4/8/20)
Sarah Fiba - Kamutau?,Rabu, 05-08-2020 12:38 WIB
Atas Nama Kemanusiaan, Dunia Siap Bergandengan Galang Dukungan untuk Lebanon
(TS)

Nusantaratv.com- Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab pada Selasa (5/8/20) menyerukan "negara-negara sahabat" untuk mendukung negaranya yang tengah terpuruk akibat Covid-19 dan baru saja diguncang ledakan dahsyat di Ibukotanya, Beirut.

"Saya mengirim permohonan mendesak ke semua negara yang berteman dan bersaudara dan mencintai Lebanon, untuk berdiri di sisi kami dan membantu kami mengobati luka yang dalam ini," katanya dalam pidato yang disiarkan televisi.

Israel,  yang bertetangga dengan Lebanon telah menawarkan bantuan kemanusiaan ke Lebanon, yang secara teknis masih berperang.

Baca Juga : Dunia Berduka : Dua Ledakan Besar Guncang Lebanon

"Menteri Pertahanan Benny Gantz dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi, atas nama Negara Israel, telah menawarkan pemerintah Libanon - melalui perantara internasional - bantuan medis dan kemanusiaan, serta bantuan darurat segera," kata sebuah pernyataan dari pemerintah Israel.

Di luar wilayah itu, Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia berbagi kesedihan rakyat Lebanon.

"Saya meminta Anda untuk menyampaikan kata-kata simpati dan dukungan kepada keluarga dan teman-teman para korban, serta harapan untuk pemulihan cepat untuk semua yang terkena dampak."

Washington juga mengatakan siap membantu.

"Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami untuk semua yang terkena dampak, dan siap untuk menawarkan semua bantuan yang mungkin," kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri.

Baca Juga : Soal Ledakan di Beirut, KBRI : Seluruh WNI dalam Keadaan Aman

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian mengatakan negara itu siap memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan yang diungkapkan oleh otoritas Lebanon.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo pada hari Selasa menawarkan bantuan AS ke Lebanon setelah Beirut diguncang oleh ledakan besar. 

"Kami sedang memantau dan siap membantu orang-orang Lebanon ketika mereka pulih dari tragedi yang mengerikan ini," tulis Pompeo di Twitter.

Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan Inggris siap memberikan dukungan yang dapat membantu Beirut menyusul ledakan yang menewaskan puluhan dan melukai ribuan orang.

"Gambar dan video dari Beirut malam ini mengejutkan," tulis Johnson di Twitter. "Semua pikiran dan doa saya bersama orang-orang yang terperangkap dalam insiden mengerikan ini.

"Inggris siap memberikan dukungan dengan cara apa pun yang kami bisa, termasuk kepada warga negara Inggris yang terkena dampak."-Reuters

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0