Anggota Parlemen Transgender Pertama Thailand Dipecat

Parlemen negara masih memiliki tiga anggota parlemen transgender yang tersisa.
Sarah Fiba - Kamutau?,Kamis, 29-10-2020 21:40 WIB
Anggota Parlemen Transgender Pertama Thailand  Dipecat
(AFP)

Nusantaratv.com- Parlemen Thailand kehilangan anggota parlemen (MP) transgender pertamanya pada Rabu (28/10) setelah pengadilan konstitusi memecat anggota parlemen itu.

Tanwarin Sukkhapisit, mantan aktor dan pembuat film, adalah pelopor komunitas LGBT ketika dia memenangkan kursi pada pemilu Thailand tahun lalu untuk Partai Future Forward.

Tetapi partai itu dibubarkan pada Februari tahun ini, sebuah langkah yang meningkatkan ketidakpuasan dan memicu aktivis untuk menuntut pemerintah mundur.

Hakim memutuskan pada hari Rabu bahwa sebagai pemegang saham perusahaan media, Tanwarin telah melanggar undang-undang pemilu dan harus meninggalkan kursi parlemennya.

"Saya tidak terkejut - saya memperkirakan hal ini akan terjadi," kata Tanwarin kepada AFP, seraya menambahkan dia tidak berpikir keputusan itu terkait dengan identitas gendernya.

"Saya akan melanjutkan pekerjaan saya untuk memperjuangkan hasil yang lebih baik bagi komunitas LGBT."tambahnya.

Parlemen negara masih memiliki tiga anggota parlemen transgender yang tersisa.

Tanwarin adalah korban terakhir dari sebuah undang-undang yang banyak diklaim oleh pemerintah sebagai senjata politik.

Protes hampir setiap hari telah mengguncang ibu kota Thailand selama berbulan-bulan karena para aktivis menuntut pemerintah mundur dan menyerukan reformasi ke monarki yang kuat.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0