Aneh! Batu Besar Tiba-tiba Muncul di Tengah Danau

Seorang peneliti menduga batu yang muncul di tengah Danau Sentani itu dari jenis batu Menhir.
Supriyanto - Kamutau?,Rabu, 14-10-2020 11:19 WIB
Aneh! Batu Besar Tiba-tiba Muncul di Tengah Danau
Batu Besar di tengah Danau Sentani baru ditemukan warga.

Nusantaratv, Sentani - Masyarakat di sekitar Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, dihebohkan dengan kemunculan batu besar di tengah danau.
 
 Bentuk dan ukurannya pun berbeda-beda. Ada yang lempeng, namun ada juga yang mengerucut. Karena bentuknya mirip seperti keluarga, berupa orang tua dan anak, warga pun menyebutnya dengan nama ‘Batu Beranak’.

Satu batu memiliki lebar sekitar 1 meter dengan tinggi dua meter di atas permukaan air danau. Batu ini diberi nama ‘Mama’ atau batu perempuan. Batu laki-laki memiliki bentuk kerucut dengan tinggi 1 meter di atas permukaan air danau. Sementara itu, batu anak yang berbentuk lempeng cenderung rata dengan permukaan air danau.

Batu-batu ini dapat dilihat oleh masyarakat dikarenakan saat ini air danau Sentani sedang surut. Masyarakat menduga, kalau diukur dari dasar danau, ada kemungkinan batu-batu besar ini bisa mencapai 5 meter.


Batu Beranak Danau Sentani

Seorang peneliti senior dari Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto, menduga batu yang muncul di tengah Danau Sentani itu dari jenis batu Menhir, batuan yang berasal dari zaman Megalitik. Jadi ada kemungkinan batu ini sudah ada sejak 1.500 SM.

Baca Juga: Ini Manfaat Oli Bekas dan Cara Menggunakannya

Dugaan kedua, pada zaman dahulu, sebelum adanya danau Sentani, batu ini sengaja dibuat dan bahannya diambil dari batu-batu di gunung Cycloop. Hal ini dapat dilihat dari jenisnya yang sangat berbeda dengan batu-batu yang ada di danau Sentani.

Batu Beranak berasal dari zaman Megalitik. 

“Kalau melihat jenis batunya. Batuan ini berjenis batuan beku Peridotit yang banyak ditemukan di Pegunungan Cycloop. Posisi batunya memang berdiri jadi kami yakin memang sengaja ditempatkan seperti itu,” ucap Hari, Rabu (7/10/2020).

Selain ‘Batu Beranak’, memang banyak situs-situs batu bersejarah yang menunjukkan adanya kebudayaaan tinggi di masa lalu ditemukan di daerah Papua. Situs-situs ini ada di Doyo Lama, Distrik Waibu, Pulau Asei, serta Pulau Mantei.
 

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0