Alasan Pria dan Wanita Melakukan Selingkuh

Kemajuan teknologi membuat orang berselingkuh semakin mudah.
Supriyanto - Kamutau?,Sabtu, 24-10-2020 01:00 WIB
Alasan Pria dan Wanita Melakukan Selingkuh
Kehadiran pihak ketiga membuka peluang terjadinya perselingkuhan.

Nusantaratv.com – Kata selingkuh menjadi momok bagi keberlangsungan hubungan dua insan manusia. Perselingkuhan berakibat munculnya ketidak harmonisan bahkan dapat menghancurkan hubungan sepasang kekasih atau suami isteri. Perselingkuhan biasanya terjadi karena kehadiran orang ketiga. Selingkuh tidak hanya dilakukan pria, wanita pun juga memiliki potensi sama untuk berselingkuh.

Pada tulisan Novita Joseph pada laman HelloSehat, disebutkan ada perbedaan alasan tentang perselingkuhan yang dilakukan oleh pria dan wanita.

Mengutip pernyataan Whitehead, seorang psikolog AS yang meneliti tentang hubungan, Novita Joseph mengartikan selingkuh adalah segala bentuk perilaku yang mengarah pada hubungan yang melibatkan orang lain di luar pasangan (suami istri atau kekasih) dengan memberi atau menerima perlakuan yang seharusnya diberikan pada pasangan atau membentuk perlakuan dengan hubungan seksual antara 2 (dua) orang.

Kemajuan teknologi membuat orang berselingkuh semakin mudah. Menurut Novita Joseph, perselingkuhan masa kini tidak harus melibatkan fisik, tapi bisa dilakukan secara non fisik (melalui telepon, aplikasi chatting, whatsapp, dan media sosial lainnya). Alasan berselingkuh pun bermacam-macam, untuk itu, yuk simak alasan seseorang mulai berselingkuh.

Alasan pria berselingkuh

1. Tergoda oleh wanita yang lebih cantik

  • Bagi pria mata keranjang, jargon “harta, tahta, dan wanita”, menjadi alas mengapa pria melakukan selingkuh. Tentu bukan salah seorang wanita kalau tampil cantik. Tinggal bergantung pada iman sang pria dan komitmennya dengan pasangannya.

2. Bosan

  • Salah satu karakter manusia adalah mudah bosan. Begitupula dalam sebuah hubungan, jika tidak pandai-pandai menahan diri dan setia menjaga komitmen awal, seorang pria akan dengan mudah tertarik pada wanita lain yang tentu lebih menarik dari pasangannya, seperti dilansir dari WebMd.


3. Merasa tidak dihargai oleh pasangan

  • Masalah dominasi dalam suatu hubungan juga dapat mengakibatkan terjadinya perselingkuhan. Jika pasangannya begitu mendominasi yang mengakibatkan seorang pria merasa kehilangan harga diri, maka pria tersebut akan mencari wanita lain yang dapat menghargai perannya sebagai seorang pria.

Baca Juga: Ke Isteri Ngakunya Mau Mengakhiri Hidup, Taunya Kabur Bersama Selingkuhan


Alasan selingkuh wanita

1. Faktor ekonomi

  • Memang tak semua wanita itu materialistis. Namun, secara umum, alasan selingkuh ini sering ditemukan pada fase hubungan perkawinan. Alasan klasik ini memicu naluriah seseorang, terutama wanita, untuk mendapatkan sandaran yang bisa “menjaga” dirinya sepenuhnya. Maka, tak jarang wanita akan mencari pria dengan finansial lebih baik dari pasangan sebelumnya.

2. Balas dendam

  • Untuk hal ini pria dan wanita punya perasaan yang sama. Balas dendam memang unsur yang tidak bisa dihilangkan begitu saja jika memang hati Anda pernah terluka. Umumnya wanita akan melakukan balas dendam pada lelaki yang sama atau yang berbeda. Tergantung dari bagaimana perbuatan pria yang pernah menyakitinya.

3. Kurangnya kasih sayang dan keintiman

  • Wanita yang kurang mendapatkan kasih sayang awalnya akan mencari perhatian dari pasangannya. Namun kalau tidak didapat dari pasangannya, wanita akan mencari pria lain yang bisa memberikan kasih sayang.
  • Sebetulnya alasan ini umum terjadi tidak hanya oleh wanita saja, pria pasti punya alasan sejenis yang memungkinkan ia mencari orang lain agar kasih sayangnya terpenuhi.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0