67 Tahun Berpisah, Inilah Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan

Gaya kepemimpinan Kim Jong Un, banyak menjadi pembicaraan.
Supriyanto - Kamutau?,Jumat, 16-10-2020 07:20 WIB
67 Tahun Berpisah, Inilah Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan
Gaya kepemimpinan dari pemimpin kedua negara ini mempengaruhi budaya masyarakatnya./google.com

Nusantaratv.com - Akhir tahun tinggal dua bulan lagi, saat liburan nanti, dirimu akan berlibur kemana? Adakah terlintas ingin jalan-jalan ke Korea? Tapi hati-hati ya, tetap jalankan protokol kesehatan. Semoga akhir tahun pandemi virus corona atau Covid-19 ini telah berakhir, sehingga kita bebas berkeliling dunia.

Lalu, apa sih yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata “Korea”?

Korea memang terkenal akan budayanya. Ketika membicarakan tentang Korea, mungkin pertama kali yang terbesit di pikiran oleh banyak orang adalah Korea Selatan yang marak akan K-Pop dan dramanya. Sementara untuk Korea Utara, gaya kepemimpinan Kim Jong Un, banyak menjadi pembicaraan.

Mulanya, Korea Selatan dan Utara adalah negara serumpun. Perang Korea yang terjadi pada 25 Juni 1950 sampai 27 Juli 1953, telah membelah Korea menjadi dua negara yang berbeda. Perbedaan Politik telah membuat rakyat Korea ikut terbelah dan terpisah, baik dari sanak saudara maupun teman.

Baca Juga: Pantas! Sepeda Motor Tidak Laku di Jepang, Ini Sebabnya

Setelah lebih kurang 67 tahun daratan Korea terpisah menjadi dua negara, Korea Utara dan Selatan, ternyata gaya kepemimpinan, pemimpin kedua negara, juga membawa perbedaan unik yang signifikan pada budaya masyarakatnya.

Korea Utara terkenal akan kehidupannya yang sangat rahasia. Sedangkan Korea Selatan memiliki kehidupan yang sangat terbuka. Sama-sama Korea, namun berbeda. Bagi yang belum tahu, di bawah ini beberapa perbedaannya.

1. Pyongyang vs Seoul


Gambaran kota Pyongyang dan Seoul

Pemandangan antara Pyongyang dan Seoul tak jauh berbeda. Keduanya sama-sama dipenuhi oleh banyak gedung tinggi. Di Korea Selatan, tepatnya di Seoul terdapat banyak toko di pinggir jalan yang dapat dikunjungi, mulai dari toko kue, make up, elektronik, dan lain-lain. Tak sedikit juga wisatawan yang datang untuk mengunjungi pertokoan tersebut.

Berbeda dengan di Pyongyang, di sana mereka diajarkan untuk berhemat dan tahu betapa berharganya selembar uang. Pyongyang dan Seoul sebagai pusat wilayah bisnis juga nampak perbedaan di antara keduanya.

2. Tempat Tinggal Warga


Gambaran kota Korea Utara dan Korea Selatan

Jumlah penduduk negara Korea Utara memang lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah penduduk di Korea Selatan. Apartemen di Korea Selatan sangat beragam harganya sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Harga sewa sebuah apartemen kecil di Korea Selatan bisa mencapai 2 milyar rupiah per unitnya. Sedangkan di Korea Utara, menariknya adalah mereka tidak perlu membayar biaya sewa apartemen apabila mereka sudah terdaftar dan memiliki status menikah.

Baca Juga: Menikmati Cacing Laut, Kuliner Khas Raja Ampat

3. Gaya Busana


Sumber foto: google.com

Gaya berbusana antara Korea Selatan dan Korea Utara juga cukup nampak perbedaannya. Modernisasi dan westernisasi di Korea Selatan tidak hanya terdapat pada industri musiknya saja. Dalam model berpakaian, Korea Selatan cukup modis dan sangat mengikuti trend terkini.

Melihat dari segi fashion Korea Utara, ada mitos yang menyebutkan bahwa warga Korea Utara harus mengenakan celana panjang dan hanya beberapa model rambut yang diperbolehkan di negara ini.

4. Pendidikan


Sumber foto: google.com

Sama halnya sebagaimana mata pelajaran dasar yang diajarkan di sekolah, pendidikan di Korea Utara dan Korea Selatan juga mendapatkan materi pelajaran seperti matematika, geografi, seni budaya, dan bahasa inggris. Berbagai literatur dari Barat juga turut dipelajari di sekolah.

Namun, di Korea Utara, untuk menggambarkan gaya hidup negara Barat, para pelajar di Korea Utara menunjukkan gaya hidup negara-negara di Afrika. Untuk jenjang perguruan tinggi, di Korea Selatan, Universitas lokal menjadi tempat menuntut ilmu yang bergengsi.

5. Jalanan Kota


Sumber foto: google.com

Ketika berkendara di jalanan kota, agar menjadi tertib pastinya aktivitas jalanan diatur oleh lampu lalu lintas. Di Korea Utara, hampir tidak terdapat sama sekali lampu lalu lintas untuk mengatur aktivitas jalanan. Meskipun mungkin terdapat beberapa lampu lalu lintas, namun banyak yang telah diganti oleh polisi yang bertugas untuk mengendalikan lalu lintas.

Baca Juga: Yahoo Groups Bakal Tutup Permanen? Ini Penjelasannya

6. Keunggulan Perusahaan


Sumber foto: google.com

Tentu kita tidak asing lagi dengan brand Samsung, LG, dan Hyundai. Yup, itu semua adalah merek dari produk teknologi yang dihasilkan oleh negara Korea Selatan. Lain halnya dengan Korea Utara. Dikarenakan embargo ekonomi negara, Korea Utara tidak memiliki perusahaan semacam itu.

Perbedaan Korea Selatan dan Korea Utara tidak bisa disatukan. Korea Selatan adalah negara kapitalis dan sekutu Amerika Serikat, sedangkan Korea Utara adalah negara komunis dan sekutu China.

Nah itu tadi beberapa perbedaan kedua negara Korea yang dulunya serumpun. Jadi, akhir tahun mau  kemana? Sudah menentukan pilihan ke Korea Utara atau Selatan?

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0