10 Museum Teraneh di Dunia

Sejumlah museum di dunia ternyata ada yang memiliki bentuk bangunan yang tak biasa dan koleksinya pun unik.
Supriyanto - Kamutau?,Sabtu, 24-10-2020 04:05 WIB
10 Museum Teraneh di Dunia
Diefenbunker, Canada’s Cold War Museum

Nusantaratv.com - Saat kita mengunjungi sebuah museum, kita akan melihat sebuah ruangan yang besar yang berisi benda-benda antik.

Namun sejumlah museum di dunia ternyata ada yang memiliki bentuk bangunan yang tak biasa dan koleksinya pun unik. Dilansir dari situs web Cheapflights, berikut museum teraneh yang ada di dunia. Ingin tahu? Yuk intip museumnya.

1. Leeds Castle Dog Collar Museum, Kent, Inggris


Ini adalah tempat yang wajib dikunjungi para pecinta anjing. Di Leeds Castle Dog Collar Museum, para pengunjung bisa melihat berbagai koleksi kalung anjing mulai dari 500 tahun lalu. Koleksi tersebut di antaranya kalung besi berduri hingga yang berhiaskan ukiran perak. Kalung-kalung anjing yang dipajang di museum ini mulanya adalah hadiah bagi penghuni Leeds Castle, Lady Baillie.

2. International Spy Museum, Washington, D.C., AS


Ingin coba menjadi mata-mata dalam sehari? Jika ya, datanglah ke International Spy Museum di pusat Kota Washington, D.C. Di tempat ini, para pengunjung bisa mempelajari sejarah tentang mata-mata dari era perang sipil hingga bom atom. Tak hanya disuguhi berbagai koleksi benda yang biasa digunakan mata-mata, museum tersebut juga menawarkan aktivitas menyamar lewat Spy School.

Baca Juga: Penemuan Teknologi yang Mengubah Jalannya Sejarah

3. Venustempel Sexmuseum, Amsterdam, Belanda


Dari namanya, tentu kita sudah bisa menebak bahwa museum ini diperuntukkan bagi orang dewasa. Pengunjung yang boleh masuk ke museum pun diharuskan telah berusia 16 tahun ke atas. Museum ini letaknya tak jauh dari stasiun kereta Amsterdam, Belanda dan menjadi museum seks pertama di dunia. Venustempel Sexmuseum berdiri pada 1985. Di museum ini para pengunjung dapat melihat sejarah praktik seks dari seluruh dunia. 

4. Diefenbunker, Canada’s Cold War Museum, Ottawa, Kanada


Keunikan dari museum yang satu ini adalah karena awalnya dirancang bukan untuk sebuah museum, melainkan sebuah bunker rahasia yang dibangun oleh pemerintah Kanada pada saat Perang Dingin. Bunker ini sangat besar dan luas hingga mencapai 100.000 kaki persegi dan terdiri dari empat lantai.

Lokasi Diefenbunker berada persis di bawah bukit Desa Carp, sebelah Barat Ibukota Kanada. Bunker ini dilengkapi dengan emergency government situation center, cabinet war room, stasiun radio CBC, ruang medis, hingga aula. Para pengunjung dapat memasuki bunker dan merasakan pengalaman berjalan kaki melalui terowongan panjang.

5. Sulabh International Museum Toilet, New Delhi, India


Sulabh International Museum Toilet merupakan tempat yang tepat bagi para pengunjung untuk mempelajari sejarah toilet. Di museum ini, pengunjung bisa mempelajari sejarah toilet dari 4.000 tahun lalu, serta melihat berbagai artefak dari 1145 SM. Dari toilet sederhana hingga yang dihiasi dengan berbagai hiasan.

6. Museum of Apiculture, Radovljica, Slovenia


Museum of Apiculture menampilkan sejarah peternakan lebah di Slovenia. Museum yang dibuka pada tahun 1959 itu, berada di sebuah rumah bangsawan dari abad ke-14.  Di museum ini, pengunjung bisa melihat koleksi dan catatan mengenai sejarah peternakan lebah setempat serta spesies lebah yang dikembangbiakkan di Slovenia.

7. International UFO Museum, Roswell, New Mexico, Amerika Serikat


Pada 1947 lalu, terjadi insiden heboh yang berkaitan dengan UFO, terjadi di kota Roswell. Bagi penduduk di kota ini sudah tak asing lagi dengan cerita tentang UFO. Melihat antusiasme penduduk untuk melakukan pencarian UFO, maka di bangunlah International UFO Museum pada tahun 1992. Setiap tahunnya, museum ini menjadi tuan rumah ajang tahunan Roswell UFO Festival.

Baca Juga: Ingin Nambah Teman? Yuk Masuk Komunitas

8. Museum of Human Disease, Sydney, Australia


Kalau kamu orangnya tidak mudah jijik. Mungkin bisa datang ke museum ini. Karena museum ini mengoleksi lebih dari 3.000 spesimen yang berasal dari pasien sakit atau meninggal. Para pengunjung akan disuguhkan dengan pameran patologi yang terdiri deretan stoples berisi organ tubuh yang berubah karena penyakit, juga berbagai jenis tumor. Disamping itu kisah tentang para pasien pun ada dalam museum ini.

9. The Momofuku Ando Instant Ramen Museum, Osaka, Jepang


The Momofuku Ando Instant Ramen Museuma adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi penggemar mie instan. Museum ini memperlihatkan sejarah Momofuku Ando saat pertama kali menciptakan Chicken Ramen. Di The Momofuku Ando Instant Ramen Museum pula, para pengunjung bisa melihat pameran produk mie instan dari seluruh dunia.

10. Vulcan Tourism & Trek Station, Vulcan, Alberta, Kanada


Museum ini didirikan sebagai penghormatan untuk karakter Star Trek, Mr. Spock yang diceritakan berasal dari Planet Vulcan. Museum dipenuhi dengan berbagai memorabilia karakter Star Trek dari sejumlah film hingga acara televisi.

Selain memorabilia, para pengunjung juga bisa melihat replika Starship Enterprise dalam ukuran besar. Keunikan lainnya dari museum ini adalah ucapan selamat datang ditulis dengan menggunakan Bahasa Inggris, Vulcan, dan Klingon.

Reaksi Kamu dengan Artikel ini

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0