Jenazah TKI Terlantar di Malaysia

Pihak keluarga mendesak Presiden Joko Widodo untuk membantu memulangkan

Seorang pekerja migran Indonesia asal Desa Litamali, Kobalima, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur meninggal di Malaysia pada Januari 2021 lalu. Namun hingga kini  jenazah tidak bisa dipulangkan akibat tidak adanya campur tangan negara dalam menuntaskan persoalan tersebut. Untuk itu mereka mendesak agar Presiden turut membantu memulangkan. 

Pihak keluarga bersama kuasa hukum dari seorang pekerja migran indonesia yang bernama Aberley Inacio yang datang dari NTT meminta adanya campur tangan pemerintah khususnya Presiden guna membantu segera memulangkan jenazah pekerja migran anggota keluarga mereka. 
 
Dengan membentangkan poster mereka berharap jenazah almarhum Aberley Inacio yang telah sepuluh hari sejak tanggal 30 Januari 2021 terlantar di Rumah Sakit Sandakan, Kinabalu, Malaysia bisa dipulangkan. 
 
Mendiang yang sejak 2019 bekerja di Malaysia di sebuah ladang kelapa sawit milik PT Heysyngkiong STT yang beralamat di Heysysngkiong 68 Jalan Teluoit Simpang Sapi Nango Ladang Sabah Malasyia dikabarkan meninggal akibat sakit kanker payudara. Sejauh ini pihak keluarga telah berkomunikasi dengan majikannya di Malasyia namun enggan bertanggungjawab untuk memulangkan ke Indonesia. 
 
Kuasa hukum yang juga keluarga mendiang, Indranas Gaho mengatakan TKI tersebut diduga  menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Pasalnya tidak ada dokumen resmi dan rekam jejak yang tercatat baik di imigrasi maupun kementerian ketenagakerjaan. 
 
Pihak keluarga dan kuasa hukum sejauh ini telah melayangkan permohonan perlindungan kepada PMI  serta pemulangan jenazah ke Indonesia kepada Kementerian Luar Negeri dan diteruskan kepada Direktur Perlindungan WNI Kemenlu namun sejauh ini belum menemukan solusi. 
 
Pihak Kemenlu menyatakan membutuhkan dokumen administrasi dari kepolisian yang menguraikan bahwa mendiang merupakan korban TPPO sebagai dasar pemulangan dan pembiayaan sesuai dengan Undang Undang Nomor 21 Tahun 2007 terkait TPPO. 

Nusantara Malam hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Malam setiap hari Senin - Jumat jam 22.00 WIB hanya di Nusantara TV
 
 

Login dengan
LIVE TV & NETWORK