Jawa Timur Ekspor Produk Tani Senilai Rp140 Miliar ke 27 Negara 

ekspor hasil pertanian di Jawa Timur pada 2020 mencapai Rp 549 triliun

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendampingi tiga menteri dalam pelepasan ekspor produk tani ke 27 negara/ist

Surabaya, Nusantara TV-Pandemi covid-19 tak meredupkan geliat perekonomian Provinsi Jawa Timur. Bahkan wilayah yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini berhasil melakukan ekspor produk tani ke 27 negara dengan nilai yang cukup fantastis mencapai Rp140 miliar, Jumat (12/3/2021).. 

Pengiriman produk itu disaksikan tiga menteri yakni Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Erick Thohir. Mereka didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Total ada 32 produk tani yang diekspor.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, pemberangkatan produk ekspor itu tidak hanya di Surabaya, namun juga di berbagai tempat lain di Indonesia.

”Jumlah seluruhnya total di 52 pelabuhan, berangkat hari ini (12/3) pukul 10.00. Jumlahnya ada Rp 1,2 triliun,” tutur Syahrul.

Lebih lanjut Syahrul mengatakan ekspor hasil pertanian di Jawa Timur pada 2020 mencapai Rp 549 triliun. Angka itu naik 15,4 persen dari tahun sebelumnya. 

Kenaikan ekspor Jawa Timur tersebut, kata Syahrul, tak terlepas dari bantuan yang diberikan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Baca juga: Jawa Timur Bakal Gelar 445 Event Pariwisata pada 2020, Apa Saja

Syahrul mengaku senang karena untuk pertama kalinya, 3 menteri berjalan bersama-sama. Dia berharap kolaborasi itu mampu mensinergikan produk ekspor

Sinergitas itu harus dimulai dari pasca panen hingga pengolahan. 

”Di pertanian itu ada budidaya, ada pascapanen, ada pengolahan. Tapi ujungnya tidak punya arti jika tidak dijual,” papar Syahrul.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi berterima kasih atas pelepasan produk ekspor

”Mudah-mudahan kita bisa berevolusi dari negara menjual barang mentah dan setengah jadi, menjadi negara menjual barang industri dan industri berteknologi tinggi,” ujar Lutfi.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK