Mau Jadi PNS? Berikut Contoh Surat Lamaran Yang Dibeberkan Instansi Pemerintah

Sejumlah instansi pemerintah baru saja mengumumkan Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di setiap platform mereka masing-masing. Tak hanya itu, Instansi tersebut pun membeberkan contoh membuat surat lamaran menjadi PNS
Mau Jadi PNS? Berikut Contoh Surat Lamaran Yang Dibeberkan Instansi Pemerintah
(Foto: Liputan6)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sejumlah instansi pemerintah baru saja mengumumkan Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di setiap platform mereka masing-masing. Tak hanya itu, Instansi tersebut pun membeberkan contoh membuat surat lamaran menjadi CPNS. 

Dikutip dari surat Menteri Perindustrian tentang pelaksanaan CPNS 2019, Senin (11/11/2019), persyaratan-persyaratan yang diajukan juga disampaikan melalui buku panduan para kelembagaan pemerintah negara lewat masing-masing platform-nya.

Berkas-berkas yang dibutuhkan juga bervariasi, mulai dari pas foto berlatar merah, scan KTP asli/ Surat Keterangan Penerbitan KTP dari Dinas Dukcapil, scan ijazah, sertifikat TOEFL, Akta kelahiran, bahkan surat pernyataan.

Jika calon pelamar masih bingung dengan format surat pernyataan atau disebut juga sebagai surat lamaran. Beberapa instansi pemerintahan memberikan contoh mengenai pemenuhan dokumen.

Sebut saja Kementrian Perindustrian (Kemenperin) melampirkan surat pernyataan pada Lampiran III di buku panduannya. Pada buku panduan daring yang tersedia di situs resmi Kemenperin, terdapat 27 halaman. Halaman ke-25 merupakan lampiran mengenai surat pernyataan tertulis yang digunakan untuk menjelaskan kondisi atau keadaan untuk tunduk pada peraturan CPNS pada Kemenperin.

Ada juga Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencontohkan surat lamaran pada Lampiran I. Lampiran atau contoh surat lamaran yang di halaman 33 dari 36 halaman panduan buku daring yang disediakan. Kominfo menuliskan hal-hal yang menjadi persetujuan CPNS jika melamar formasi yang disediakan.

Selain persetujuan, lampiran itu juga menuliskan daftar berkas-berkas yang diminta persyaratannya saat mendaftar. Tak lupa pada penutup lampiran surat lamaran dari Kominfo dan surat pernyataan dari Kemenperin, dua-duanya membutuhkan materai Rp6.000 untuk memberikan nilai hukum pada dokumen-dokumen tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kebingungan CPNS dalam membuat surat pernyataan serta menyeragamkan format surat lamaran.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0