Israel Uji Coba Kereta Api Listrik Ringan Buatan China

Uji Coba Kereta Api Listrik Ringan di Israel Dilakukan di Sepanjang Jalur Merah.

Kereta api listrik ringan buatan China. (CGTN)

Nusantaratv.com - Israel melakukan uji coba pertama kereta api listrik ringan (LRV) buatan China pada Kamis (10/6/2021). Hal itu disampaikan perusahaan milik negara NTA Metropolitan Mass Transit System Ltd.

Kereta api listrik itu dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan China CRRC Changchun Railway Vehicles Co., yang memenangkan tender pemerintah Israel untuk memasok gerbong, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (11/6/2021).

Pada April 2019, CRRC berhasil menguji model kereta listrik ini di kota Changchun di timur laut China, dan gerbong pertama tiba di Israel pada November tahun itu.

Uji coba di Israel dilakukan di sepanjang Jalur Merah, pertama dari tiga jalur dalam proyek, yang dijadwalkan mulai beroperasi pada November 2022. Jalur pertama akan melewati lima kota, di wilayah paling padat di Wilayah Metropolitan Tel Aviv. Panjang jalur adalah 24 km, 11 km di antaranya berada di terowongan.

Jalur merah akan mencakup 34 stasiun di sepanjang rutenya, dengan 24 stasiun di atas tanah dan 10 stasiun di bawah tanah. Sedangkan untuk pembangunan terowongan, rel dan stasiun di jalur ini, serta sistem kelistrikan dan komunikasi, dilakukan oleh China Civil Engineering Construction Corporation (CCECC) dan kemitraan China CRTG-EEB, bersama dengan perusahaan Israel Solel Boneh dan Dannya Cebus.

"Uji coba ini mengasyikkan, kereta api listrik ringan adalah kabar baik bagi penduduk daerah itu. Akan memungkinkan mereka bepergian dengan nyaman dan tenang untuk bekerja, daripada menghabiskan berjam-jam di jalan," kata Menteri Transportasi Israel Miri Regev.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK