Penjurian Tahap I Good Design Indonesia Telah Loloskan 89 Produk :: Nusantaratv.com

Penjurian Tahap I Good Design Indonesia Telah Loloskan 89 Produk

Penjurian Tahap I yang Berbasid Data Digital Telah Meleloskan Sebanyak 89 Produk Good Design Indonesia
Penjurian Tahap I Good Design Indonesia Telah Loloskan 89 Produk
Logo Good Design Indonesia/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah selesai melakukan proses penjurian tahap I Good Design Indonesia (GDI) pada 15-16 April 2020. Penjurian dilakukan dengan menerapkan metode berbasis data digital dan memanfaatkan ruang pertemuan daring.

"Saya ucapkan selamat kepada 89 produk yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti penjurian tahap selanjutnya. Sejak tahun lalu, penjurian GDI sudah menggunakan basis digital, sehingga meskipun pegawai Kemendag saat ini melakukan kerja dari rumah (KDR), penjurian tahap I tetap bisa dilaksanakan," ujar Plt Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan pada (27/4/2020).

Menurut Kasan, total peserta GDI 2020 yang mendaftar secara daring berjumlah 317 produk. Sebanyak 251 produk lolos administrasi dan berhak mengikuti penjurian tahap I. Selanjutnya, terpiilih 89 produk yang lolos tahap I dan berhak maju penjurian tahap ke-2.

Kasan mengungkapkan, produk-produk yang lolos tersebut terbagi ke dalam 11 kategori yang terdiri dari aksesori dan kesehatan, produk anak-anak dan alat tulis, leisure and hobby, peralatan dapur, perabot rumah tangga, peralatan rumah, perlengkapan rumah, peralatan dan fasilitas untuk toko, konstruksi untuk industri, media, serta proyek dan aktivitas.

Baca Juga: Berikut Ini Daftar Fasilitas Pajak dan Bea Cukai untuk Barang dan Jasa

Kasan menjelaskan, tim juri tahap I melibatkan sejumlah tenaga ahli independen. Sedangkan untu penjurian tahap ke-2, lanjut Ari, akan turut dihadiri juri dari Jepang yang merupakan perwakilan tim juri Good Design Award atau G-Mark. 

"Para peserta yang lolos penjurian tahap ke-2 akan kami undang untuk hadir dan mempresentasikan produknya pada 16―18 Juni 2020 di Indonesia Design Development Centre (IDDC), Grogol, Jakarta Barat," kata Direktur Pengembangan Produk Ekspor Ari Satria.

Penjurian tahap ke-2, lanjut Ari, akan turut dihadiri juri dari Jepang yang merupakan perwakilan tim juri Good Design Award atau G-Mark. Tim juri akan menilai produk-produk peserta secara komprehensif, antara lain dari kekuatan material produk dan kualitas akhir.

Ari menambahkan, dari 89 produk tersebut, akan dipilih satu produk pemenang dengan predikat Good Design of The Year dan 11 produk peraih penghargaan GDI Best. Sedangkan, jumlah produk pemenang kategori GDI akan ditentukan sesuai dengan kesepakatan juri.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0