Menkeu Sri Mulyani: Korupsi Adalah Musuh yang Sangat Nyata

Korupsi, Musuh Nyata Integritas
Menkeu Sri Mulyani: Korupsi Adalah Musuh yang Sangat Nyata
Menkeu Sri Mulyani Indrawati/ Kemenkeu

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan dalam Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2019 di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), bahwa korupsi adalah musuh yang sangat nyata dari dalam, terkait integritas.

"Korupsi adalah musuh yang sangat nyata. Dia adalah satu tantangan yang bisa menghancurkan suatu negara. Anda mungkin tidak perlu musuh dari luar tapi musuh dari dalam diri kita sendiri. Esensi yang paling utama dari negara yang failed itu adalah masalah integritas," ujar Menkeu di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Hilangnya sikap integritas seseorang dinilai memicu korupsi, karena integritas merupakan mata uang universal yang menjadi harga diri seseorang. Nilai-nilai integritas, baik kejujuran, moralitas, ketulusan hati yang seharusnya lekat dengan fitrah kemanusiaan justru mudah sekali dibarter dengan segala hal yang memberikan kalkulasi keuntungan materi secara ekonomis.

Baca Juga: KPK Bakal SP3 4 Kasus, Apa Saja?

"Integritas itu sesuatu yang Anda yakini tidak boleh dan tidak bisa, tidak mau untuk diperjualbelikan karena dia adalah identik dengan dignity Anda. Jadi, kalau ada seseorang petugas, pejabat dia berkompromi dari sisi integritas, dia sebetulnya menjual dignity-nya," kata Menkeu.

"Manusia tanpa dignity, dunia tanpa dignity, anda nggak bisa berjalan aja sebagai khalifah di muka bumi yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa untuk memimpin. Baik memimpin diri sendiri, memimpin society-nya, memimpin bangsanya. Modal utama is all about integrity," tambah Menkeu.

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) merupakan predikat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) kepada unit kerja di instansi pemerintah yang menyelenggarakan fungsi pelayanan.

Untuk mencapai predikat WBK dan WBBM, unit kerja harus terlebih dahulu membangun Zona Integritas (ZI). Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0