Kementerian PUPR Gelar Sayembara Desain Ibu Kota Negara

Kementerian PUPR menggelar sayembara desain Ibu Kota Negara guna memperoleh berbagai ide atau gagasan desain kawasan melalui partisipasi masyarakat.
Kementerian PUPR Gelar Sayembara Desain Ibu Kota Negara
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/ PUPR

Balikpapan, Nusantaratv.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara resmi membuka sayembara gagasan desain kawasan Ibu Kota Negara (IKN) tingkat nasional. 

Adapun tujuan dari diselenggarakannya sayembara, yakni untuk memperoleh berbagai ide atau gagasan desain kawasan melalui partisipasi masyarakat, khususnya yang berkecimpung pada bidang arsitektur, perencanaan dan perancangan kota di Indonesia.

"Proses ini tidak hanya sekedar memindahkan kota dan gedung-gedung pusat pemerintahan saja, tetapi juga untuk merencanakan pusat pertumbuhan perkotaan baru agar menjadi mesin penggerak pertumbuhan ekonomi," ujar Menteri PUPR di Balikpapan, Rabu (2/10/2019).

"Ibu Kota Negara baru ini nantinya akan ditempati oleh generasi muda Indonesia, sehingga harus dirancang sebagai kota masa depan yang cerdas, modern dan berstandar internasional yang disebut smart metropolis," tambah Menteri PUPR.

Baca Juga: Berikut Ini 3 Persyaratan Agar Urbanisasi Berjalan Sukses

Menurut Menteri PUPR, konsep Smart Metropolis diwujudkan sebagai kota yang sehat, efisien, produktif, dan membahagiakan warganya lewat penataan bangunan dan lingkungan yang compact dan inklusif serta moda transportasi publik yang terintegrasi.

"IKN baru juga didesain sebagai kota yang mampu menyediakan pelayanan keamanan, kesehatan dan pendidikan kelas dunia, sehingga dapat menarik para talenta-talenta hebat nasional & internasional untuk tinggal," kata Menteri PUPR.

Sebagai informasi, sayembara dimulai tanggal 3-18 Oktober 2019 sebagai masa pendaftaran. Penetapan pemenang sayembara ini akan dilakukan pada 16-20 Desember dan akan diumumkan pada 23 Desember 2019. Informasi lebih lanjut dapat diakses pada situs: https://sayembaraikn.pu.go.id/

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0