Ini Tiga Pelatih Persib yang Sukses Persembahkan Trofi di Kompetisi Perserikatan

Gelar juara yang raih Persib merupakan edisi terakhir sebelum kompetisi perserikatan dengan Galatama digabung jadi Liga Indonesia (LI) tahun 1994/1995

Skuad Persib Bandung di kompetisi Perserikatan / Foto: Maung Bandung

Nusantaratv.comPersib Bandung merupakan klub di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1933. Saat ini, umur tim kebanggaan Kota Kembang itu sudah 88 tahun. Berbagai prestasi disejumlah kompetisi pun pernah diraih.

Di era kompetisi jaman dulu, yakni Perserikatan Persib Tercatat mampu meraih tiga gelar juara di tangan tiga pelatih yan berbeda.

Mereka adalah Nandar Iskandar (1986), Ade Dana (1989/1990) dan Indra Thohir (1993/1994).

Nandar Iskandar sukses membawa Persib menjadi juara Kompetisi Divisi Utama Perserikatan tahun 1986 setelah mengalahkan Perseman Manokwari di partai puncak. 

Pada laga itu, Persib menang dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal kemenangan skuad Pangeran Biru dicetak oleh Djadjang Nurdjaman dibabak kedua.

Prestasi ini sekaligus mengakhiri puasa gelar Persib selama 25 tahun.

Kedua adalah Ade Dana. Tak kalah dari Nandar Iskandar, Dana juga sukses membawa Persib meraih gelar Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1989/1990.

Kala itu, Ade Dana sukses membawa Persib mengalahkan Persebaya dengan skor 2-0 pada partai final. Menariknya, Keberhasilan itu membuatnya menjadi sosok orang pertama yang membawa juara Pangeran Biru sebagai pelatih dan pemain. 

Pelatih terakhir yang memberikan trofi juara di era perserikatan adalah Indra Thohir. Indra sukses membawa Pangeran Biru menjuarai Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1993/1994 di Stadion Utama Senayan, Jakarta.

Gelar itu diraih Persib setelah sukses menjinakan PSM Ujungpandang dengan skor 2-0 di partai puncak.

Pada laga itu, dua gol Persib Bandung masing-masing dicetak oleh Yudi Guntara pada menit ke-26 dan Sutiono Lamso di menit ke-71. 

Gelar juara yang diraih Persib Bandung pada tahun itu juga menjadi edisi terakhir dari kompetisi Perserikatan.

Sebab, setelah itu PSSI menyatukan kompetisi perserikatan dengan kompetisi Galatama menjadi Liga Indonesia (LI) sejak musim 1994/1995.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK