Ini Penyebab Lonjakan Covid di Jawa

Menko PMK memberikan penjelasan

Menko PMK Muhadjir Effendy. (Antara)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kasus Covid di sejumlah daerah di Indonesia mengalami lonjakan. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy membeberkan penyebab lonjakan kasus itu. 

"Ya ini banyak secara umum memang terjadi Lonjakan kasus dan Jabar termasuk yang tinggi, untuk empat wilayah di Jawa memang termasuk yang memang sekarang diminta ada perhatian khusus dari bapak presiden karena angkanya cukup tinggi," ujar Muhadjir usai meninjau RSKIA Bandung, Jalan Kopo, Kota Bandung, Rabu (16/6/2021).

Muhadjir menuturkan berdasarkan hasil evaluasi dan perkembangan, lonjakan kasus tersebut terjadi imbas dari Lebaran. Menurut dia, ada masyarakat yang membandel mudik meski sudah dilarang.

"Ini sebagian adalah dari arus balik dari pasca mudik ya, kemudian pasca mudik itu karena kita tahu banyak sekali pemudik yang bandel yang nekat yang kemudian kembali ke tempat tinggalnya awal membawa Covid kemudian menciptakan klaster keluarga," kata dia.

Selain itu, ada juga kegiatan penganten yang menyebabkan munculnya klaster. Ditambah kasus klaster ziarah yang banyak terjadi di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Di beberapa tempat ada juga klaster acara keluarga termasuk manten, jadi karena setelah Lebaran dan kemudian waktu mudik itu dapat jodoh kemudian manten, jadilah klaster akibat pesta penganten. Kemudian, juga ada klaster ziarah karena ada beberapa daerah yang membiasakan setelah lebaran sampai nanti jelang Idul Adha adalah berziarah terutama ke pemakaman dan ini wilayah yang sekarang menjadi pusat penyebaran Covid tertinggi maupun di Jawa Tengah ataupun Jawa Timur itu antara lain disebabkan adanya ziarah tadi," ujar Muhadjir.

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 mengungkap data lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia minggu ini. Lima provinsi teratas dengan kenaikan kasus ada di Pulau Jawa.

"Lima provinsi teratas yang mengalami kenaikan kasus seluruhnya berasal dari Pulau Jawa yaitu Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Bahkan provinsi keenam teratas juga berasal dari pulau Jawa yaitu provinsi Banten, yaitu kenaikan kasus lebih dari 400 hingga 7.000 kasus di minggu ini," kata Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito dalam siaran YouTube BNPB, Selasa (15/6/2021).

Wiku mengatakan kenaikan kasus itu terjadi di daerah tujuan mudik. Kasus juga meningkat di daerah asal pemudik, yaitu DKI Jakarta.

"Kenaikan kasus pada minggu ke-5 pasca periode Idul Fitri ini jelas terlihat pada daerah tujuan mudik seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Banten dan Jawa Barat, serta daerah yang menjadi asal pemudik yaitu DKI Jakarta," jelasnya.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK