Ini Penjelasan Kenapa Bayi dan Anak-anak Tidak Ikut Vaksinasi Covid-19

Bayi dan anak-anak tidak ikut vaksinasi covid-19 dikarenakan vaksin covid-19 untuk anak-anak masih menunggu hasil uji klinis. 

Ilustrasi vaksin covid-19/ist

Jakarta, Nusantaratv.com-Pemerintah telah melaksanakan program vaksinasi covid-19 bagi tenaga kesehatan, tenaga pendidik, atlet, wartawan hingga kelompok lanjut usia. 

Namun sejauh ini, belum dilakukan vaksinasi covid-19 untuk bayi dan anak-anak. Bahkan bayi dan anak-anak tidak termasuk ke dalam kelompok yang akan divaksin dalam waktu dekat. 

Terkait hal ini, Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia ( IDAI) Aman B Pulungan mengatakan bayi dan anak-anak tidak ikut vaksinasi covid-19 dikarenakan vaksin covid-19 untuk anak-anak masih menunggu hasil uji klinis. 

" Bayi dan anak-anak tetap perlu dilindungi. Sambil menunggu (vaksin), lengkapi imunisasi anak sesuai rekomendasi," kata Aman, Rabu (3/3/2021). 

Baca juga: Atlet Divaksinasi Covid-19, Ini Harapan Wapres KH Ma'ruf Amin

Kabarnya, dalam proses uji klinis vaksin covid-19 untuk anak-anak para peneliti akan menggunakan 300 sukarelawan anak. Ini dilakukan untuk menguji keefektifan vaksin Oxford/AstraZeneca Covid-19 pada anak-anak berusia antara 6 hingga 17 tahun.

Uji klinis ini akan menilai apakah vaksin yang dikenal sebagai vaksin ChAdOx1 nCoV-19 ini, akan menghasilkan respons imun yang kuat pada anak-anak dalam kelompok usia tersebut. 

“Meskipun sebagian besar anak relatif tidak terpengaruh oleh virus corona dan tidak mungkin menjadi tidak sehat dengan infeksi, penting untuk menetapkan keamanan dan respons kekebalan vaksin pada anak-anak dan remaja karena beberapa anak dapat memperoleh manfaat dari vaksinasi,” kata Andrew Pollard, profesor infeksi dan kekebalan pediatrik, dan kepala penyelidik pada uji coba vaksin Oxford dikutip dari Kompas.

Sementara itu, di sejumlah negara termasuk di Indonesia dilaporkan telah banyak bayi dan anak-anak yang terinfeksi covid-19. Bahkan baru-baru ini dikabarkan seorang bayi meninggal dunia dalam status positif covid-19. 

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK