Ini Nasib Vaksin Merah Putih Usai Kemenristek Dibubarkan

Eijkman angkat bicara mengenai kelanjutan vaksin Merah Putih

Ilustrasi vaksin. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Lembaga Biologi Molekuler Eijkman angkat bicara mengenai kelanjutan nasib vaksin Merah Putih yang saat ini tengah dikembangkan guna menanggulangi penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu kebijakan yang akan dikeluarkan usai penggabungan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud).

"Sebaiknya kita tunggu jika sudah dilaksanakan. Sekarang belum ada gambaran," ujar Amin, Senin (12/4/2021).

Lebih lanjut Amin mengatakan saat ini pihaknya belum memiliki gambaran terkait nasib pengembangan vaksin virus SARS CoV-2 itu usai Kemenristek pimpinan Bambang Brodjonegoro akan dihilangkan di rezim Joko Widodo.

Diketahui, ada enam institusi yang mengembangkan Vaksin Merah Putih dengan platform yang berbeda. Keenam institusi itu di bawah koordinasi Kemenristek.

Enam institusi tersebut di antaranya Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Airlangga.

Di sisi lain, Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji, menuturkan saat ini nasib riset dan pengembangan yang dilakukan Kemenristek hingga kini masih belum menemukan kejelasan.

"Semua masih belum jelas," ujar Indra.

Lebih lanjut ia menuturkan sudah 17 bulan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) di badan Kemenristek belum kunjung dikeluarkan.

"Mau riset apa, SOTK sudah 17 bulan tidak pernah turun kok," pungkasnya.

Sebelumnya Kementerian Riset dan Teknologi serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/ BRIN) dilaporkan dilebur ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Penggabungan itu dilakukan berdasarkan keputusan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Demikian dikutip dari CNNIndonesia.com.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK