Inggris Garap Hypercar Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia

Viritech Klaim Hypercar Hidrogen Ini Akan Mampu Mencapai Kecepatan Lebih Dari 321 Kilometer per Jam.

Inggris bakal punya hypercar bertenaga hidrogen. (Carbuzz)

Nusantaratv.com - Inggris akan menghadirkan hypercar bertenaga hidrogen yang dibuat startup teknologi Inggris, Viritech, pada 2022.

Mengutip Carbuzz, Sabtu (1/5/2021), Viritech sedang menyiapkan hypercar bertenaga hidrogen yang memiliki tenaga maksimal 1.000 horsepower bernama Viritech Apricale.

Kendati tidak menginformasikan spesifikasi secara detil, Viritech mengklaim mobil super hidrogen itu nantinya akan mampu mencapai kecepatan lebih dari 321 kilometer per jam.

Tak hanya itu, Apricale menurut Viritech juga akan menawarkan ekslusivitas bagi pemiliknya. Sebab, Viritech hanya akan memproduksi sebanyak 25 unit Apricale untuk pasar global. Jadi penampakan Viritech Apricale di jalan akan benar-benar sangat langka.

Dalam penggarapan hypercar bertenaga hidrogen ini, Viritech bersinergi dengan Horiba Mira, yang merupakan pusat pengembangan industri otomotif di Inggris. Berkat kolaborasi itu, Viritech dapat dengan bebas memanfaatkan segala fasilitas yang ada di fasilitas riset dan produksi Horiba Mira, Technology Park Nuneaton, Inggris.

"Bermitra dengan Horiba Mira merupakan langkah besar buat Viritech. Kerja sama ini mampu mengangkat kami dalam lingkup pemain besar otomotif dalam sudut pandang fasilitas produksi. Ini berarti kami akan bisa melakukan apa pun untuk industri otomotif," kata CEO dan Pendiri Viritech, Timothy Lyons.

Viritech berencana membangun prototipe hypercar hidrogen pada 2022 sebelum produksi Apricale dimulai pada 2023. Dan, Apricale ditargetkan terjual antara delapan hingga 12 mobil per tahun.

"Revolusi hidrogen akan melengkapi elektrifikasi mobilitas dan akan menghasilkan 400 juta mobil, 20 juta truk, dan 5 juta bus. Dan revolusi itu dimulai di sini," lanjutnya.

Selain ingin membuktikan keunggulan teknologi hidrogen, Viritech memiliki misi khusus dalam membuat Viritech Apricale. Viritech menggunakan Apricale sebagai bukti kemampuanya sebagai perusahan terdepan dalam rekayasa hidrogen dan solusi sistem powetrain terdepan di dunia. 

Mereka berharap unit kontrol tangki penyimpanan dan powertrain yang ada di Viritech Apricale dapat menarik perhatian pelaku industri lainnya yang fokus pada pengembangan teknologi hidrogen.

Disebutkan tangki yang dibuat Viritech untuk mobil hidrogen super itu memang istimewa. Tangki mobil dibuat dari Graphene yang sangat ringan dan mampu mengoptimalkan kinerja hidrogen.

"Kami senang dapat mendukung transformasi industri otomotif di semua tantangan elektrifikasi, konektivitas & otonomi serta bahan bakar alternatif dan tidak ada yang lebih melambangkan ambisi industri selain Apricale Viritech," ujar Kepala Komersial & Kemitraan di MIRA Technology Park, Jack Bartlett.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK