Upaya Pemerintah Mendorong Perekonomian Nasional Lewat IKM

Kemenperin Pacu Kualitas Perajin IKM Nasional Lebih Kreatif dan Inovatif
Upaya Pemerintah Mendorong Perekonomian Nasional Lewat IKM
Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih pada pembukaan Pameran Nuansa Tanpa Batas di Jakarta/ Kemenperin

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) gencar memacu kualitas perajin di sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar semakin memperkaya kreativitas dan ide dalam berkarya. Upaya strategis ini diyakini akan mampu mendongkrak daya saing IKM nasional hingga kancah global.

"Supaya sektor industri kita terus berkembang dengan lebih kompetitif, maka itu perlu meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya, yang nantinya menjadikan atau menghasilkan sebuah produk unggulan industri Indonesia," ujar Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Gati Wibawaningsih pada pembukaan Pameran Nuansa Tanpa Batas di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Baca Juga: Kemenperin Apresiasi Mesin QR-EDC Buatan Lokal

Gati mengaku sangat mengapresiasi Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) yang menggelar pameran tersebut. Sebab, selain sebagai ajang memperkenalkan berbagai produk industri binaannya, juga menjadi jembatan memperbanyak jaringan bisnis dan memperluas akses pasar pelaku usahanya.

"Apalagi, IPEMI memiliki cabang di seluruh Indonesia, sehingga membuka peluang pasar yang luas dan dapat memberikan wawasan bagi para pelaku usaha lainnya. Jadi, IKM kita semakin mandiri, tangguh dan sejahtera," kata Gati.

Sementara itu, Gati menjelaskan bahwa salah satu upaya pemerintah mendorong perekonomian nasional saat ini, yaitu dengan menggenjot kinerja industri termasuk sektor IKM. Jumlah IKM di dalam negeri telah melampaui 4,4 juta unit usaha atau mencapai 99% dari seluruh unit usaha industri di Tanah Air.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0