Pemerintah Terus Memperluas Akses Pasar IKM Perhiasan

Kemenperin terus memfasilitasi IKM perhiasan untuk memperluas akses pasar.
Pemerintah Terus Memperluas Akses Pasar IKM Perhiasan
Ilustrasi toko perhiasan/ Kemenperin

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus proaktif memfasilitasi pelaku industri kecil dan menengah (IKM) perhiasan untuk terus memperluas akses pasarnya baik kancah domestik maupun global. 

Langkah strategis yang kerap dijalankan, yakni mengajak para pelaku IKM perhiasan ikut serta dalam ajang pameran berskala nasional atau internasional.

"Kami mendorong pertumbuhan IKM perhiasan di Indonesia dalam rangka mendukung target pemerintah untuk menggenjot nilai ekspor nasional, khususnya di sektor industri pengolahan nonmigas. Ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memacu nilai ekspor nasional," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawanigsih di Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Baca Juga: Manufaktur Masih Berikan Kontribusi Terbesar pada Ekspor Nasional

Dirjen IKMA turut meresmikan pembukaan Surabaya International Jewellery Fair 2019. Pameran ini terselenggara hasil kerja sama antara Asosiasi Perhiasan Emas dan Permata Indonesia (APEPI) dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Provinsi Jawa Timur.

“Kami mengapresiasi kegiatan tersebut, karena sebagai peluang besar yang harus dimanfaatkan oleh pelaku IKM perhiasan dalam negeri untuk menjaring buyer-buyer potensial dari luar negeri yang tentunya cukup banyak yang hadir,” tuturnya.

Berdasarkan catatan Kemenperin, pada tahun 2018, nilai ekspor perhiasan mencapai 2,05 Miliar dolar AS. Sementara itu, pada Januari-Agustus 2019 telah menembus hingga 1,47 Miliar dolar AS, naik dari periode yang sama di tahun sebelumnya sebesar 1,3 Miliar dolar AS.

 

Adapun negara tujuan ekspor produk perhiasan nasional masih didominasi oleh Singapura, Swiss, Hongkong, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, dan Italia yang mencapai 97% dari total ekspor.

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0