Mentan: Pandemi Tak Halangi Capaian Program Sikomandan :: Nusantaratv.com

Mentan: Pandemi Tak Halangi Capaian Program Sikomandan

Sikomandan Merupakan Salah Satu Komitmen Pemerintah untuk Mdominasi Impor Daging Sapi
Mentan: Pandemi Tak Halangi Capaian Program Sikomandan
Ilustrasi peternakan sapi/ Kementan

Jakarta, Nusantaratv.com - Program Sikomandan atau Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri yang diluncurkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo awal tahun 2020 mulai menunjukkan hasil yang menggembirakan. 

Program untuk meningkatkan populasi dan produksi sapi dan kerbau secara berkelanjutan ini salah satu fokusnya adalah pada pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) massal. Tercatat sampai tanggal 17 Mei 2020, total akseptor sebanyak 1.579.158 ekor (63,29%) dari target tahun 2020 sebanyak 2.495.007 ekor.

Mentan mengatakan bahwa upaya peningkatan populasi sapi dan kerbau lokal melalui Sikomandan merupakan salah satu bagian komitmen pemerintah untuk mengurangi dominasi impor daging sapi dan kerbau di Indonesia.

Baca Juga: Industri Pengalengan Ikan Tumbuh Hingga 300 Ton

"Salah satu upaya menggenjot dan meningkatkan populasi sapi lokal adalah melalui optimalisasi program inseminasi buatan secara massal yang telah dilakukan dari tahun 2017 hingga kini," kata Mentan di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Ia berharap dalam beberapa tahun ke depan produksi ternak sapi dan kerbau dalam negeri terus mengalami peningkatan, sejalan dengan keberhasilan Sikomandan.

Mentan juga menyampaikan bahwa Program Sikomandan ini banyak membantu aktivitas para inseminator dan petugas pemeriksa kebuntingan di lapangan yang jumlahnya mencapai 13.575 orang.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0