Lewat Buku, Menperin Curahkan Saran dan Pemikiran untuk Indonesia Sejahtera

Menperin Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa peluncuran buku yang ditulis langsung oleh dirinya merupakan sumbangan saran dan pemikiran terhadap dalam menyongsong Indonesia yang sejahtera.
Lewat Buku, Menperin Curahkan Saran dan Pemikiran untuk Indonesia Sejahtera
Menperin Airlangga Hartarto/ Kemenperin

Jakarta, Nusantaratv.com - Sektor industri selama ini konsisten menjadi penggerak utama terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini karena sektor industri berperan penting dalam menciptakan nilai tambah, perolehan devisa, dan penyerapan tenaga kerja sehingga mampu mendorong pemerataan pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Oleh karena itu, pemerintah sekarang fokus untuk merevitalisasi sektor industri melalui implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0. Ini juga menjadi kesiapan kita memasuki era industri 4.0," ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto pada acara bedah buku 'Merajut Asa, Membangun Industri Menuju Indonesia yang Sejahtera dan Berkelanjutan' di Jakarta, Senin (14/10/2019).

Baca Juga: Berikut Ini Langkah Strategis Percepat Transformasi Industri 4.0

Melalui buku yang ditulisnya, Menperin ingin menyumbangkan saran dan pemikiran terhadap langkah-langkah strategis yang harus dilakukan oleh Indonesia dalam rangka mendorong terwujudnya Indonesia yang sejahtera dan berkelanjutan. Buku setebal 186 halaman itu memuat beberapa peluang dan kemudahan untuk merajut asa pembangunan industri di Indonesia.

"Sebagai sebuah refleksi kebijakan, saya mencoba memaparkan best practice kebijakan industri di beberapa negara dalam buku ini. Industrialisasi membutuhkan sebuah ikhtiar untuk cita-cita kesejahteraan tanah air," kata Menperin.

Menperin mengungkapkan, buku tersebut juga menceritakan mengenai perjalanan dirinya di bangku legislatif (DPR) sebagai Ketua Pansus untuk menyusun UU Minerba, UU Perdagangan, dan revisi UU Perindustrian. 

"Mengapa buku ini penting? karena mencatat hal-hal yang tidak tertulis di dalam UU itu sendiri. Jadi, banyak hal yang dibahas secara berbeda dan kita dapat mengetahui mengapa hilirisasi itu penting, serta apa bedanya pemurnian dan pengolahan," jelas Menperin.

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0