Kontribusi APBN Hanya 14 Persen, Jokowi: Beri Kesempatan Pada Swasta Dulu

Jokowi Menyebut Kontribusi APBN Hanya 14 Persen Terhadap Ekonomi Indonesia.
Kontribusi APBN Hanya 14 Persen, Jokowi: Beri Kesempatan Pada Swasta Dulu
Presiden Jokowi. (Rahmat/Humas)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kontribusi APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) hanya 14 sampai 16 persen terhadap ekonomi Indonesia.

Artinya, ungkap Kepala Negara, sisanya berada di peran sektor swasta. Karena itu, mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) menegaskan jika ada peluang (opportunity), maka swasta harus diberikan terlebih dahulu.

Hati-hati jangan dikit-dikit diambil BUMN. Swasta dulu, kalau swasta tidak mampu mengerjakan, artinya internal rate of return-nya rendah, silakan BUMN yang mengerjakan - ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pangkas Birokrasi, Jokowi Mau Ganti PNS dengan Robot

Hal itu disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2019, di Rafles Hotel, Jakarta, pada Kamis (28/11/2019) malam.

Dengan demikian, ungkap ayah tiga anak itu, bahwa biasanya ada suntikan dari yang namanya PMN (Penambahan Modal Negara). Maka, dia bisa karena disuntik PMN. 

Kalau swasta tidak mau, BUMN tidak mau, baru pemerintahlah lah yang harus mengerjakan. Karena mungkin memang berada pada posisi yang tidak untung benar. Selalu saya  sampaikan itu - tukas suami dari Iriana Joko Widodo itu.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0