Indonesia Kecam Aksi Kekerasan Polisi Israel Terhadap Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa

Indonesia mendesak masyarakat internasional melakukan langkah nyata untuk menghentikan kekerasan polisi Israel

Polisi Israel kembali melakukan aksi kekerasan terhadap warga Palestina di Masjid Al-Aqsa/ist

Jakara, Nusantara TV-Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri mengecam keras aksi kekerasan yang dilakukan polisi Israel terhadap warga Palestina di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem. Aksi kekerasan itu disebut melukai perasaan umat muslim.

"Indonesia juga mengecam tindak kekerasan terhadap warga sipil Palestina di wilayah masjid Al-Aqsa yang menyebabkan ratusan korban luka-luka dan melukai perasaan umat Muslim," kata Kemlu, melalui akun Twitter-nya dikutip dari detik, Minggu (9/5/2021).

Selain kekerasan di Masjid Al-Aqsa, Indonesia  juga mengecam pengusiran paksa 6 warga Palestina dari wilayah Sheikh Jarrah, Yerussalem Timur. Pengusiran paksa dan tindakan kekerasan di Masjid Al-Aqsa itu dinilai bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB.

"Pengusiran paksa dan tindakan kekerasan tersebut bertentangan dengan berbagai resolusi DK PBB, hukum humaniter internasional, khususnya Konvensi Jenewa IV tahun 1949, dan berpotensi menyebabkan ketegangan dan instabilitas di kawasan," tegas Kemlu.

Baca juga: Bentrokan Berdarah Israel Vs Warga Palestina Usai Buka Puasa, Ratusan Terluka

Indonesia pun mendesak masyarakat internasional melakukan langkah nyata untuk menghentikan aksi kekerasan yang dilakukan aparat Israel.

Seperti diberitakan, terjadi bentrokan berdarah antara polisi Israel dengan warga Palestina yang ada di masjid Al-Aqsa usai buka puasa, Jumat (7/5/2021). Bentrokan mengakibatkan 178 warga Palestina terluka. 

Polisi Israel menyerang warga Palestina di Masjid Al-Aqsa dengan  peluru karet dan granat kejut. Warga Palestina pun membalas dengan melemparkan batu ke arah mereka.

Bentrokan dipicu rencana penggusuran sejumlah keluarga Palestina dari rumah-rumah mereka yang tanahnya diklaim oleh para pemukim Yahudi yang menggugat ke pengadilan.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK