IKM Pangan Dapat Sertifikat Standar Internasional

Kemenperin Fasilitasi IKM Pangan Dapat Sertifikat Standar Internasional

Jakarta, Nusantara TV - Kemenperin berupaya agar pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) pangan mampu meningkatkan penjualan dengan, tentunya dengan kebijakan yang strategis dan tepat.

"Syarat ekspor produk pangan memang cukup ketat. Maka kami fasilitasi agar IKM pangan bisa naik kelas, omzetnya naik, teknologi dan mutunya bagus, serta pasarnya bisa makin luas," ujar Drjen IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta, Sabtu (13/2/2021).

Menurutnya IKM pangan memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar. Apalagi, perannya penting untuk meningkatkan nilai tambah sumber daya alam lokal serta memenuhi pasar dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Menko Perekonomian Resmi Bebaskan Pajak Mobil Baru

"Dari total sekitar 4,5 juta pelaku IKM di Indonesia, sebanyak 1,6 juta adalah IKM pangan," ungkapnya.

Gati pun mengungkapkan, pihaknya selama ini aktif mendorong pelaku IKM pangan agar terus mengembangkan kualitasnya sehingga bisa berdaya saing di kancah global. 
Salah satu langkahnya yaitu melalui program peningkatan keamanan mutu pangan dengan sertifikasi Hazard Analitical Critical Control Point (HACCP).

"HACCP adalah sistem pengamanan produk pangan berstandar internasional yang perlu dimiliki setiap produsen pangan untuk menjamin bahwa produknya aman hingga dikonsumsi," katanya.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK