Hyundai Tarik Lebih dari 390.000 Unit Kendaraan di AS

Hyundai Dikabarkan Akan Memeriksa dan Mengganti Mesin Jika Diperlukan.

Hyundai Kona Electric. (Net)

Nusantaratv.com - Produsen otomotif asal Korea Selatan (Korsel), Hyundai, akan melakukan penarikan kembali (recall) terhadap lebih dari 390.000 unit kendaraan di Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Recall dilakukan karena terdapat dua masalah yang dapat menyebabkan kebakaran mesin. Model yang terpengaruh termasuk Santa Fe, Elantra, Kona, dan Velosters, seperti dikutip dari Hindustan Times, Kamis (6/5/2021).

Penarikan kembali itu mencakup lebih dari 203.000 SUV (Sport Utility Vehivle) Santa Fe yang dibuat antara 2013 dan 2015. Di antaranya, beberapa sedang ditarik untuk kedua kalinya. Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) telah meminta pemilik kendaraan untuk memarkir mobil di luar ruangan dan jauh dari bangunan apa pun hingga perbaikan selesai dilakukan.

Di antara model lainnya, hampir 187.000 unit Elantra juga telah ditarik yang dibuat antara 2019 dan 2020. Selain itu, Kona dan Velosters yang ditarik kembali diluncurkan antara 2019 dan 2021. Semuanya hadir dengan mesin 2.0 liter.

Baca Juga: Mobil Hyundai Raih Predikat Teraman dari NHTSA, Model Apa Saja?

Sementara itu, untuk model Santa Fe yang terpengaruh, dikatakan minyak rem dapat bocor ke dalam anti-lock brake computer, yang dapat menyebabkan korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran. 

Diler Hyundai akan mengganti sekring dan mengganti komputer ABS jika perlu. Menurut kantor berita AP, masalah komputer rem telah menyebabkan 18 insiden kebakaran di AS. Namun, sejauh ini tidak ada korban cedera yang dilaporkan.

Sedangkan untuk Elantra, Kona, dan Velosters yang terpengaruh, di mana cincin piston mungkin tidak diberi perlakuan panas dengan benar, yang dapat menyebabkan kerusakan mesin, kebocoran oli, dan bahkan kebakaran. 

Masalah piston dilaporkan telah menyebabkan lima kebakaran tetapi sejauh ini tidak ada yang terluka. Hyundai dikabarkan akan memeriksa dan mengganti mesin jika diperlukan, selain memasang software penginderaan kebisingan piston.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK