Hyundai Tak Terpengaruh Kelangkaan Chip Semikonduktor

Sejumlah Produsen Mobil Mengurangi Pesanan Chip Semikonduktor Karena Permintaan Terhadap Mobil Rendah Sepanjang 2020. 

Ilustrasi Hyundai punya stok melimpah chip semikonduktor. (Istimewa)

Nusantaratv.com - Kekurangan chip semikonduktor secara global merepotkan sebagian besar produsen mobil. Bahkan mereka terpaksa memangkas produksi kendaraan akibat kurangnya pasokan suku cadang.

Namun, Hyundai Motor Group dan anak perusahaannya tidak terpengaruh oleh masalah ini. Pasalnya, mereka memiliki stok melimpah chip semikonduktor. Dimana sejumlah produsen mobil mengurangi pesanan chip semikonduktor karena permintaan terhadap mobil rendah sepanjang 2020. 

Menurut laporan Reuters, seperti dikutip dari Paultan, Selasa (2/3/2021), produsen mobil asal Korea Selatan (Korsel) itu bahkan mempercepat pembelian chipnya menjelang akhir tahun lalu. 

"Seperti pabrikan mobil lain, Hyundai juga berencana memangkas produksinya di awal tahun karena Covid-19. Tapi pengadaan membaca tren industri semikonduktor yang memotong produksi chip mobil dan berkata, 'jika kita tidak membelinya juga, kita akan mendapat masalah nanti'," kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Analis beralasan keputusan Hyundai Motor Group untuk menimbun chip disebabkan pasar Korsel tetap relatif kuat selama pandemi pada 2020. Langkah antisipatif juga memungkinkan untuk menekan biaya sebelum kekurangan chip semikonduktor semakin memburuk. 

Hal ini juga membantu perusahaan memiliki lebih banyak pemasok lokal dibandingkan dengan saingannya, termasuk Telechips, yang mengontrak fabrikasi ke Samsung Electronics, yang cenderung memprioritaskan Hyundai.

Bahkan dengan cadangan chip semikonduktor yang lebih besar, pasokan masih terbatas, dan perusahaan sebelumnya mengatakan selama panggilan pendapatan baru-baru ini, jika mereka tidak dapat mengonfirmasi apakah itu disiapkan untuk tiga hingga enam bulan ke depan, tetapi untuk saat ini tidak melihat adanya gangguan pada produksinya secara langsung.

Penyesuaian pada produksi telah dilakukan untuk mengontrol penggunaan chip, dengan model serta penjualan yang lebih lemah seperti Hyundai Sonata menjadi prioritas yang kurang dibandingkan dengan Grandeur yang lebih populer. Pemeriksaan inventaris yang lebih sering juga dilakukan untuk memastikan pasokan chip yang cukup, dan perusahaan juga mencoba mengunci kontrak pasokan lebih awal.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK