Hyundai Motor Garap Taksi Robot di Korsel

Hyundai Ungkap Rencana Taksi Robot Pertama yang Menggunakan Kendaraan Bertenaga Hidrogen.

Hyundai IONIQ 5. (Istimewa)

Nusantaratv.com - Hyundai Motor Group sedang mengembangkan taksi robot hidrogen. Mereka berencana meluncurkan layanan komersial dalam beberapa tahun ke depan.

Menurut produsen mobil terbesar Korea Selatan (Korsel) itu, taksi swakemudi atau otonom akan didasarkan pada Hyundai Nexo, yakni model SUV (Sport Utility Vehicle) bertenaga hidrogen.

"Taksi robot hidrogen saat ini sedang dalam tahap desain. Eksterior saat ini memiliki kamera dan sensor, jadi kami sedang mengerjakannya. Model ini akan siap untuk produksi massal dalam satu hingga dua tahun," kata seorang pejabat Hyundai Motor, dikutip dari Koreaherald, Jumat (11/6/2021).

Sebelumnya, perusahaan mengumumkan rencana untuk menawarkan layanan taksi robot dengan mobil sepenuhnya listrik IONIQ 5 di Amerika Serikat (AS), tapi ini pertama kalinya perusahaan mengungkapkan rencana bisnis taksi tanpa pengemudi di Korea, sekaligus rencana pertama yang menggunakan kendaraan bertenaga hidrogen.

Pada Maret, Motion, sebuah perusahaan patungan senilai US$4 miliar antara Hyundai Motor dan pemasok suku cadang mobil Aptiv yang berbasis di AS, mengatakan mereka akan mengintegrasikan teknologi tanpa pengemudi ke dalam IONIQ 5 untuk membuat taksi robot pertama perusahaan. 

Pada awal 2023, pelanggan di pasar tertentu akan dapat memesan taksi listrik sepenuhnya otonom melalui aplikasi Lyft. "Bisnis taksi robot hidrogen akan membuktikan kehebatan teknologi Hyundai Motor dan memiliki dampak signifikan terhadap citra merek perusahaan. Taksi robot hidrogen juga akan mampu mengatasi kecelakaan mobil yang 95 persennya terjadi karena kesalahan manusia," kata Profesor Teknik Otomotif di Universitas Daeduk, Lee Ho-geun.

"Pengoperasian taksi hidrogen tanpa pengemudi tidak akan dibatasi oleh sejumlah kecil stasiun pengisian hidrogen," tukasnya.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK