Hyundai Hadirkan Robotaxi Tanpa Pengemudi

Kemitraan Bisnis Muncul di Tengah Meningkatnya Permintaan Transportasi Tanpa Pengemudi di Tengah Pandemi Covid-19.

Jakarta, Nusantaratv.com - Motional, usaha patungan Hyundai Motor-Aptiv, menjalin sinergi dengan perusahaan berbagi asal Amerika Serikat (AS) Lyft Inc untuk merilis layanan robotaxi tanpa pengemudi di kota-kota besar di Negara Paman Sam itu pada 2023.

Dilansir dari Kantor Berita Yonhap, Jumat (18/12/2020), Motional berencana mengerahkan kendaraan otonom penuh, yang didasarkan pada platform pabrikan mobil Korea Hyundai Motor, di jaringan berbagi kendaraan Lyft di AS.

Lyft sendiri memiliki jaringan berbagi kendaraan terbesar kedua di pasar mobil terpenting dunia setelah Uber Technologies Inc.

Kemitraan bisnis ini muncul di tengah meningkatnya permintaan untuk opsi transportasi tanpa pengemudi di tengah kekhawatiran pandemi Covid-19.

Baca Juga: Hyundai Hadirkan Mobil Listrik Mini Bagi Pasien Anak-anak

Penelitian AS baru-baru ini menunjukkan jika 70 persen orang AS mengatakan mereka lebih berisiko terinfeksi virus corona saat menaiki kendaraan umum, dimana 1 dari 10 orang AS, lebih tertarik pada kendaraan tanpa pengemudi dibandingkan sebelum pandemi.

Pada Oktober lalu, Motional bermitra dengan startup shuttle on-demand AS Via untuk merilis layanan robotaxi bersama di AS tahun depan.

Dalam kemitraan tersebut, kendaraan self-driving Motional akan berfungsi sebagai robotaxi bersama berdasarkan permintaan teknologi Via yang mencakup pemesanan, penugasan dan identifikasi penumpang dan kendaraan, serta manajemen armada.

Pada Maret, Hyundai mendirikan perusahaan patungan (50:50) dengan startup teknologi self-driving yang berbasis di Irlandia, Aptiv untuk menguji kendaraan otonom sepenuhnya untuk layanan ride-hailing akhir tahun ini.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK