Hyundai Gunakan Baterai SK Innovation Untuk Mobil Listrik All-New IONIQ 5

Hyundai All New IONIQ 5 Tidak Lagi Menggunakan Baterai LG Chem.

Hyundai All New IONIQ 5. (Carscoops)

Nusantaratv.com - Produsen mobil Korea Selatan (Korsel), Hyundai, dikabarkan akan menggunakan baterai SK Innovation untuk mobil listrik terbaru mereka, yakni All New IONIQ 5

Mengutip Carscoops, Senin (1/3/2021), keputusan itu diambil setelah mereka mengumumkan penarikan kembali (recall) dan mengganti baterai sekitar 82 ribu unit mobil listriknya, termasuk Kona Electric dan IONIQ. 

Peristiwa recall ini menjadi catatan tersendiri bagi pabrikan mobil asal Korsel itu, terlebih mereka telah memantapkan dirinya sebagai yang terdepan dalam perlombaan pengembangan mobil lsitrik (electric vehicle/EV).

Hasil investigasi Hyundai menyebut dari 15 insiden kebakaran yang melibatkan Kona EV itu dilengkapi dengan paket baterai LG Chem. Menurut laporan, IONIQ 5 terbaru tidak lagi menggunakan baterai LG Chem, melainkan baterai SK Innovation.

Media Korea The Elec mengungkapkan Hyundai memilih SK Innovation dan CATL sebagai pemasok untuk kendaraan listrik berbasis Electric-Global Modular Platform (E-GMP) untuk mendukunng mobil listrik masa depan dari Hyundai dan Kia, dengan SK Innovation menangani baterai dari beberapa model berbasis E-GMP pertama, termasuk IONIQ 5.

Pada All New IONIQ 5, platform ini memberikan daya baterai 77,4 kWh yang dapat digunakan antara 290 dan 300 mil atau sekitar 466-482 km berdasarkan sistem peringkat WLTP. Seperti mobil listrik sedan-sedan itu, crossover listrik ini memiliki tegangan operasi 800 volt. Saat dihubungkan ke pengisi daya 350 kW, baterai Hyundai bisa melesat dari 5 persen menjadi 80 persen dalam 18 menit. 

Hyundai All New IONIQ 5 dibekali dengan penggerak roda belakang atau all-wheel. Dalam format all-wheel, mobil listrik ini memiliki output menjadi 302 horsepower (tenaga kuda) dan torsi 446 Nm, dengan waktu diklaim 5,2 detik dari kecepatan 0-96 km/jam.

Sedangkan model penggerak roda belakang saja, Hyundai IONIQ 5 dapat menghasilkan 215 tenaga kuda dan 258 Nm dan diklaim mencapai 96 km/jam dalam 7,4 detik.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK