Polisi Tangkap Penjual Surat Keterangan Sehat Palsu di Pelabuhan Gilimanuk :: Nusantaratv.com

Polisi Tangkap Penjual Surat Keterangan Sehat Palsu di Pelabuhan Gilimanuk

Tiga orang ditangkap terkait praktik tersebut
Polisi Tangkap Penjual Surat Keterangan Sehat Palsu di Pelabuhan Gilimanuk
Pelabuhan Gilimanuk. (Net)

Jembrana, Nusantaratv.com - Polisi menangkap tiga orang yang diduga melakukan jual-beli surat keterangan sehat palsu palsu di sekitar Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Rabu (13/4/2020) malam.

Baca juga: Bayar Rp 100-300 Ribu, Di Gilimanuk Bisa Mudik Pakai Surat Keterangan Sehat Palsu 

Surat itu dijual kepada warga atau pemudik yang hendak menyeberang ke Pulau Jawa.

"Sudah ditangkap tiga orang, besok (hari ini) akan kita rilis. Saat ini masih diperiksa di Gilimanuk," ujar Kapolres Jembrana AKBP Ketut Gede Adi Wibawa, Kamis (14/5/2020).

Menurut Wibawa, salah satu pelaku ditangkap dalam kaitan informasi surat kesehatan palsu yang viral di media sosial. Polisi menangkap pelaku usai mendalami informasi tersebut. 

Sementara dua pelaku lainnya, tertangkap tangan tengah menjual surat keterangan sehat palsu di Pelabuhan.

Wibawa belum mau menjelaskan lebih lanjut mengenai kasus tersebut. Sebab, penyidik tengah mendalami keterangan tiga pelaku.

"Masih didalami sama penyidik," ucapnya. 

Informasi praktik jual-beli surat keterangan sehat palsu di kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, sebelumnya viral di jejaring sosial.

Salah seorang pemilik akun Facebook mengunggah foto surat keterangan sehat palsu. Pada kop surat itu tertulis 'UPTD Puskesmas II Dinas Kesehatan, Kecamatan Denpasar Barat'.

Pemilik akun Facebook tersebut menulis surat keterangan sehat itu dijual seharga Rp 250.000.

"Pelabuhan semakin keras. Sudah tahu musim kering, beli surat jalan di Gilimanuk harganya melambung," tulis akun Facebook. 

Pemerintah diketahui melakukan pembatasan perjalanan terhadap masyarakat. Hanya orang-orang tertentu yang memenuhi sejumlah syarat, yang diperbolehkan pemerintah bepergian ke luar daerah. Salah satunya yang memiliki surat keterangan sehat atau telah dites virus corona dan hasilnya negatif. (Kompas.com) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
1
sad
0
wow
0