Ini Cara Polri Hadapi Revolusi Industri Keempat

Melalui seminar, Polri ingin memahami tantangan dan solusi revolusi 4.0
Ini Cara Polri Hadapi Revolusi Industri Keempat
Seminar Sekolah Sespimmen Polri Dikreg ke-59 Tahun 2019.

Jakarta, Nusantaratv.com - Polri menggelar Seminar Sekolah Sespimmen Polri Dikreg ke-59 Tahun 2019. Kegiatan ini bertema 'Sinergisitas Polri dan Komponen lainnya Dalam Menjaga Stabilitas Kamtibmas Pada Era Revolusi Industri 4.0 Guna Keberlangsungan Pembangunan Nasional'. 

Baca juga: Propam Data Polisi yang Pamer Kemewahan di Medsos 

Menurut Kasespimmen Polri, Brigjen Mohamad Arief, kegiatan ini digelar agar anggota Polri di masa depan mampu menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

Revolusi industri keempat, merupakan keadaan industri abad ke-21 di mana perubahan besar-besaran terjadi di berbagai bidang berbekal perpaduan teknologi. Sehingga sekat-sekat antara dunia fisik, digital, serta biologi berkurang. 

"Kegiatan ini merupakan analisis terhadap peran Polri di masa depan,  di masa revolusi industri 4.0," ujar Arief di sela acara, di Kompleks Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019). 

Melalui seminar, imbuh Arief, Polri hendak memahami hal-hal yang nantinya dihadapi aparat kepolisian di masa revolusi industri keempat. Sehingga langkah antisipasi bisa disiapkan. 

"Saat ini kita mapping, kita mengantisipasi, dampak negatif revolusi 4.0. Kemungkinan kan yang hadir di sini nanti jadi kapolres, di lapangan. Sehingga mereka siap menghadapi tantangan tersebut," tuturnya. 

Peserta dari kegiatan ini 440 anggota Polri yang tengah menjadi peserta didik sekolah staf dan pimpinan tingkat menengah (sespimmen). Turut hadir Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto sebagai pembicara kunci. 

Guna memperkaya khazanah keilmuan, ada juga narasumber lainnya seperti Bupati Karawang Celica Nurrachadiana, akademisi yaitu Profesor Marsudi Wahyu Kisworo, penggiat teknologi 4.0 Hanifa lndrajaya, dan perwakilan Polri Brigjen Asby Mahyuza. 

"Kita harapkan setelah ini peserta didik Sespimmen sebagai calon pimpinan pada organisasi tingkat menengah (KOD), mampu memahami secara komprehensif peran Polri dalam menjamin stabilitas kamtibmas pada era revolusi industri 4.0, guna mewujudkan keberlangsungan pembangunan nasional," tandas Arief. 



Reaksi Kamu

like
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0