Ini Alasan Ketua KPK Terpilih Diberi Jabatan Kabaharkam

Firli dianggap berprestasi, bahkan sejak muda
Ini Alasan Ketua KPK Terpilih Diberi Jabatan Kabaharkam
Irjen Firli Bahuri usai dilantik menjadi Kabaharkam Polri. (Tanda Seru)

Jakarta, Nusantaratv.com - Irjen Firli Bahuri dilantik menjadi Kabaharkam Polri. Ka menggantikan Komjen Condro Kirono, sebelum nantinya dilantik menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca juga: Sebelum Jadi Ketua KPK, Firli Bahuri Naik Pangkat Jadi Komjen

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal menjelaskan, Firli diberi posisi Kabaharkam sebelum menjadi orang nomor satu di KPK  karena dianggap berprestasi, bahkan sejak menjadi taruna di Akademi Kepolisian (Akpol). 

"Yang bersangkutan sejak taruna Akpol sudah sangat berprestasi. Beliau komandan resimen korps taruna dari tingkat 1 sampai 4. Hampir 1.000 lebih taruna yang di-manage di Akpol. Sudah terlihat kepemimpinan dan kecerdasan beliau," ujar Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (19/11/2019).

Firli juga disebut memiliki rekam jejak positif saat menjadi kapolres dan kapolda. Menurut Iqbal, jabatan Kabaharkam diberikan sebagai apresiasi untuk Firli.

"Pimpinan sangat tepat memberikan reward kepada Pak Firli menjadi Kabaharkam yang konsekuensinya yang tidak berapa lama lagi akan naik menjadi bintang tiga. Terus juga beberapa Kapolda. Ini mekanisme wanjak tapi prinsipnya performa kerja, kredibilitas dan ini melalui wanjak," tutur Iqbal.

Lebih lanjut, Iqbal belum bisa memastikan langkah selanjutnya saat Firli dilantik menjadi Ketua KPK. Tapi yang pasti langkah diambil sesuai mekanisme yang berlaku.

"Kita lihat nanti, ini kan baru dilantik. Biarkan beliau fokus melakukan upaya harkamtibmas. Nanti akan tiba waktunya tentunya mekanisme yang berlaku diikuti," tandasnya. 



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
1
sad
0
wow
0