Hore! Plafon KUR untuk UMKM Naik Jadi Rp 100 Juta

Jokowi juga menginginkan agar tingkat suku bunga kredit usaha untuk skala bisnis kecil itu bisa ditekan menjadi 6 persen

ilustrasi KUR/ist

Jakarta, Nusantara TV-Kabar gembira bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pasalnya, pemerintah baru saja merubah aturan terkait Kredit Usaha Rakyat (KUR). Batasan plafon untuk KUR tanpa jaminan dinaikkan dari semula di bawah Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta. 

Hal tersebut disampaikan  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Arahan Presiden terkait KUR tanpa jaminan yang selama ini angkanya di bawah Rp 50 juta, ini untuk ditingkatkan plafonnya menjadi Rp 100 juta,” ujar Airlangga Hartarto, dikutip dari Jawa Pos Senin (5/4).

Baca juga: Mantap! Produk UMKM Jabar Jadi Primadona di Korea Selatan

Selain itu, lanjutnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan arahan agar kredit untuk UMKM diperbesar menjadi Rp 20 miliar dari yang sebelumnya sekitar Rp 500 juta-Rp 10 miliar.

“Ini perubahan ini yang diharapkan segera dapat dilaporkan ke Presiden,” terangnya.

Airlangga menambahkan, Jokowi juga menginginkan agar tingkat suku bunga kredit usaha untuk skala bisnis kecil itu bisa ditekan menjadi 6 persen. Hal tersebut bertujuan untuk meringankan para pelaku usaha kecil.

“Bapak presiden minta tingkat suku bunganya bersaing di kisaran 6 persen dan untuk itu perlu dibuatkan program. Apakah itu program penjaminan melalui Askrindo dan Jamkrindo diperbesar,” pungkasnya.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK