Honda Jual Mobil Self-Driving Level 3 Dalam Jumlah Terbatas

Edisi Terbatas Honda Legend Akan Dijual Mulai Jumat di Jepang.

Ilustrasi Honda. (Istimewa)

Nusantaratv.com - Honda Motor Co Ltd pada Kamis (4/3/2021) mengatakan akan menjual batch terbatas Honda Legend andalannya yang dilengkapi dengan teknologi mengemudi autonomous level 3 yang memungkinkan kendaraan melewati jalan raya yang padat.

Ketika 'Traffic Jam Pilot' level 3 diaktifkan, pengemudi dapat menonton film atau menggunakan navigasi di layar, membantu mengurangi kelelahan dan stres saat mengemudi di tengah kemacetan lalu lintas, kata Honda dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (4/3/2021).

Rencana pembuat mobil Jepang untuk menjual 100 unit kendaraan dengan teknologi canggih ini akan mewakili langkah signifikan mencapai tujuannya menjadi perusahaan pertama yang memproduksi mobil dengan teknologi autonomous level 3 secara massal.

Sistem 'Traffic Jam Pilot' pada Honda Legend dapat mengontrol akselerasi, pengereman, dan kemudi dalam kondisi tertentu. "Itu juga bisa mengingatkan pengemudi untuk merespons saat menyerahkan kendali, seperti getaran pada sabuk pengaman pengemudi," kata Honda. 

Dan jika pengemudi tidak merespons, ungkap Honda, maka sistem akan membantu menghentikan darurat dengan cara memperlambat dan menghentikan kendaraan sambil memperingatkan mobil di sekitarnya dengan lampu hazard dan klakson.

Pengumuman itu muncul setelah pemerintah Jepang memberikan sertifikasi keselamatan kepada 'Traffic Jam Pilot' Honda pada November 2020.

Produsen mobil dan perusahaan teknologi global, termasuk Waymo dan Tesla Inc, perusahaan induk Google, Alphabet Inc, telah berinvestasi besar-besaran dalam teknologi mengemudi autonomous ini.

Kendati teknologi semakin maju, peraturan tentang mengemudi otonom berbeda dari satu negara ke negara lain. Audi meluncurkan sedan A8 dengan teknologi level 3 pada 2017, namun karena menghadapi begitu banyak kendala termasuk regulasi maka batal diperkenalkan secara luas.

"Edisi terbatas Honda Legend akan dijual mulai Jumat (5/3/2021) di Jepang dengan harga 11 juta yen (Rp1,4 miliar)," kata Honda.

Produsen mobil asal Jepang itu tidak memiliki rencana untuk meningkatkan produksi atau penjualan Honda Legend yang dilengkapi level 3 setidaknya untuk saat ini.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK