Sering Disepelekan, Ternyata Ini 5 Manfaat Ampas Teh

Usai menyeduh teh celup, biasanya kita melempar kantong teh celup bekas ke tempat sampah begitu saja.
Sering Disepelekan, Ternyata Ini 5 Manfaat Ampas Teh
Ampas teh (foto: news.com)

Jakarta, Nusantaratv.com -Usai menyeduh teh celup, biasanya kita melempar kantong teh celup bekas ke tempat sampah begitu saja.

Padahal, kantong kecil penuh antioksidan tersebut tidak hanya digunakan untuk membuat teh, tapi ampasnya pun bermanfaat untuk kesehatan loh! Nggak percaya? Yuk simak 5 manfaatnya berikut.

1. Meringankan Gejala Herpes

Berita baik untuk penderita herpes, kini ada bahan alami yang bisa digunakan untuk meringankan keluhan penyakit tersebut. Ya, kantong teh hitam dapat membantu mengatasi gatal dan nyeri pada luka herpes.

Kandungan asam tannic dalam teh, dapat membantu meringankan gejala herpes yang tidak nyaman.

Caranya mudah, cukup letakkan kantong teh hitam di atas luka herpes secara rutin. Lakukan secara rutin, sampai rasa gatal dan nyeri pada luka herpes berkurang.

2. Menghilangkan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat dengan teh basi adalah dengan menempelkan kantong teh celup yang sudah direndam semalaman ke bagian muka yang berjerawat.

Tempelkan kira-kira 10-15 menit, kemudian bilas wajah menggunakan air hangat. Setelahnya, Anda juga bisa mencuci muka dengan sabun anti acne.

3. Mengobati Sakit Gigi Dan Gusi

Bila bagian mulut kita terbentur dan menyebabkan gigi terlihat goyang, segera gigit kantong teh celup bekas. Gunakan kantong teh jenis apa saja dan lakukan cara ini, sampai tiba di dokter gigi. Sisa-sisa teh yang diseduh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit periodontal (gusi).

Menurut American Academy of Periodontology. Selain itu, kantong teh hitam yang diletakkan di mulut juga dapat membantu menyembuhkan sariawan. Jadi, jangan lagi buang kantong teh celup bekas bila mengalami sejumlah masalah gigi dan gusi.

4. Menghilangkan Ketombe

Kulit kepala yang kering, berminyak dan kurang asupan vitamin, bisa memicu munculnya ketombe. Buat kamu yang punya masalah ketombe di kepala, bisa mengatasinya dengan menggunakan air teh basi untuk menghilangkannya.

Caranya, siram teh basi ke kepala dan ratakan dengan cara dipijat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian keramas menggunakan shampoo anti ketombe, jangan lupa tambahkan vitamin rambut ya.

5. Melembapkan Kulit

Ternyata, kantong teh celup bekas juga berfungsi untuk kecantikan wajah loh. Menempelkan kantong teh celup bekas yang masih basah pada wajah, terbukti bisa membantu melembapkan kulit yang terkena paparan sinar matahari. Kandungan pada teh hijau, secara efektif membantu mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet B (UVB).

Untuk hasil yang lebih maksimal, letakkan kantong teh hijau pada kulit 30 menit sebelum terkena sinar matahari.

Sebuah studi tahun 2003 oleh Medical College of Georgia menunjukkan, jika teh hijau dapat membantu meremajakan kulit. Selain itu, kantong teh celup bekas bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit dengan mengurangi peradangan.



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
1
angry
1
sad
1
wow
0