Manfaat Daun Miana

Daun miana merupakan salah satu jenis daun yang mungkin banyak dari anda belum pernah mendengarnya. Daun miana sendiri seringkali dikenal dengan sebutan daun iler.
Manfaat Daun Miana
Daun miana./setiawanap.com

Nusantaratv.com - Daun miana merupakan salah satu jenis daun yang mungkin banyak dari anda belum pernah mendengarnya. Daun miana sendiri seringkali dikenal dengan sebutan daun iler. Daun miana memiliki daun yang berwarna merah, dan seringkali dimanfaatkan sebagai jenis tanaman obat-obatan alias tanaman herbal.

Banyak jenis tanaman herbal lainnya yang bisa dijadikan obat herbal sebagai pencegah maupun penyembuh dari berbagai Penyakit. Contohnya seperti yang terdapat pada manfaat daun binahong, manfaat daun sirih, manfaat daun kumis kucing, manfaat manfaat daun jarak dan masih banyak lagi manfaat pada daun-daun lainnya yang sering dijadikan obat herbal.

Daun miana sendiri memilki nama ilmiah Coleus Scutellarioides, merupakan jenis tanaman yang tumbuh pada ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Tetapi saat ini daun miana juga bisa dikembangbiakan di dataran rendah, seperti daerah persawahan dan juga pekarangan rumah di daerah perkotaan, sehingga menjadi lebih mudah untuk memanfaatkannya.

Manfaat dari Daun Miana

Daun miana sendiri, tentu saja memilki banyak sekali manfaat bagi kita semua. Apa saja sih manfaat daun miana? berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari daun miana:

Sebagai Tanaman Hias

Manfaat daun miana yang pertama adalah dapat menjadi tanaman hias. Ya, bentu dan juga warna dari daun miana merupakan salah satu daya tarik tersendiri dari daun miana bagi para pencinta tanaman hias. Daunnya yang memiliki warna merah kegelapan merupakan salah satu wujud dari kecantikan tanaman ini, sehingga seringkali dimanfaatkan menjadi tanaman hias.

Membantu Mengobati Wasir

Manfaat daun miana yang beriktunya adalah dapat membantu mengobati wasir. Wasir atau ambeyen merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang seringkali muncul karena kondisi yang tidak disadari. Biasanya karena kurangnya perhatian terhadap kesehatan pencernaan, maka penyakit wasir ini muncul.

Namun, tenang saja dan juga tidak perlu khawatir. Daun miana memilki manfaat yang sangat baik untuk membantu menyembuhkan gejala wasir yang anda alami. Penasaran bagaimana memanfaatkan daun miana untuk mengobati wasir? berikut ini beberapa langkah sederhana mengolah daun miana:

  • Siapkan kira-kira 20 lembar daun miana dan juga satu ruas unyit.
  • Kemudian bersihkan, lalu kemudian rebus bahan-bahan tersebut dengan menggunakan 5 gelas air.
  • Rebus hingga mendidih, lalu kemudian dinginkan airnya setelah mendidih.
  • Cukup minum satu gelas ramuan saja setiap harinya, maka hal ini akan membantu menyembuhkan wasir yang anda alami.

Untuk mengobati wasir dapat juga menggunakan khasiat yang ada pada manfaat daun dewa, manfaat daun cocor bebek, manfaat lidah mertua, manfaat kefir, dan manfaat binahong.

Membantu Mengobati Bisul

Manfaat daun miana berikutnya adalah dapat membantu menyembuhkan bisul, dan juga mengurangi gejala bisul. Untuk mengobati bisul ini, anda tidak perlu repot untuk membuat ramuan seperti ketika anda mengobati wasir, namun hal yang perlu anda lakukan cukup dengan cara memanaskan daun miana di atas api, namun jangan sampai gosong. Setelah itu tempelkan daun miana pada bagian tubuh yang mengalami bisul, kompres hingga beberapa menit. Lakukan hal ini hingga bisul anda sembuh dan juga mengering.

Mengobati bisul juga dapat menggunakan manfaat daun ketumbar, manfaat daun sirsak, manfaat daun delima, manfaat daun gingseng, manfaat daun sirih dan manfaat daun gandarusa.

Membantu Menyembuhkan Demam dan Menurunkan Panas

Anda demam dan juga panas? Kalau begitu cobalah manfaat daun miana yang satu ini. Ya, daun miana memilki manfaat dan juga khasiat yang sangat baik untuk membantu meredakan dan juga menyembuhkan demam. Caranya pun sangat mudah. Berikut ini adalah beberapa cara mengolah daun miana untuk menurunkan panas dan demam:

  • Ambil batang dan juga daun miana
  • Rebus batang dan juga daun miana dengan 3 gelas air
  • Rebus hingga mendidih dan tersisa 2 gelas air
  • Minum setengah gelas ramuan tersebut, untuk membantu menyembuhkan demam dan juga menurunkan panas anda.

Menyembuhkan gejala panas dan demam dapat juga dengan cara membuat ramuan herbal dari bahan-bahan alami lainnya, seperti lobak putih, air kelapa hijau dan kulit jeruk. Banyak yang mengatakan manfaat lobak putih dapat menurunkan suhu tubuh yang meninggi, dan utnuk manfaat air kelapa hijau mengandung banyak zat-zat baik yang dapat memyembuhkan panas pada tubuh. Sedangkan untuk manfaat kulit jeruk dipercaya sebagai obat penurun panas karena mengandung vitamin c dan vitamin a yang cukup untuk tubuh.

Menyembuhkan dan Meringankan Gejala Batuk

Manfaat daun miana selanjutnya adalah dapat membantu menyembuhkan dan juga meringankan gejala batuk. Daun miana memilki khasiat yang amat sangat baik untuk memantu mengeluarkan dahak yang menempel pada tenggookan, sehingga sangat efektif untuk membantu meringankan gejala batuk yan ganda alami.

Cara pemanfaatannya pun sangat mudah, anda hanya perlu merebus daun miana, seperti ketika anda membuat ramuan daun miana untuk meredakan demam. Lalu kemudian anda dapat meminum rebusan dari daun miana tersebut secara teratur hingga batuk anda benar-benar sembuh. Jadi anda tidak perlu repot – repot membeli obat ataupun pergi ke dokter ketika anda mengalami sakit batuk.

Untuk meredakan batuk yang dialami dapat juga menggunakan:

  • Manfaat daun suji
  • Manfaat daun salam
  • Manfaat daun waru

Baik untuk Mengatasi Gangguan pada Saat Menstruasi

Manfaat daun miana yang terakhir adalah untuk membantu mengatasi gangguan pada saat haid atau menstruasi. Salah satu gangguan yang muncul ketika berada pada sikls menstruasi adalah kemunculan siklusnya yang tidak teratur. Apabila biasanya menstruasi terjadi kurang lebih 1 bulan sekali, namun terkadang muncul gangguan pada siklusnya, dimana bisa saja muncul 2 kali dalam sebulan, atau muncul 2 – 3 bulan sekali.

Untuk membantu memperbaiki siklus tersebut, maka selain memeriksakan diri ke dokter yang terpercaya, maka anda pun bisa saja mencoba larutan rebusan dari daun miana ini.

Mengobati Diabetes

Manfaat daun miana lainnya adalah untuk membantu mengobati diabetes. Ya, bagi anda yang mungkin memiliiki gangguan diabetes, maka daun miana tentu saja akan sangat bermanfaat bagi anda. Cara mengolahnya pun sangat mudah dan juga simple. Anda hanya perlu merebus batang, daun dan juga bunga dari tanaman daun miana hingga mendidih. Setelah itu, anda cukup meminum rebusan tersebut secara teratur, untuk membantu menurunkan kadar gula darah anda.

Obat Sakit Perut dan Mulas

Selain untuk mengobati wasir atau ambeyen, manfaat daun miana lainnya adalah sebagai obat mulas dan juga sakit perut. Ya, bagi anda yang merasakan sakit perut, terutama karena ada iritasi ataupun bakteri yang berada di lambung anda, maka daun miana sangat baik untuk membantu menyembuhkan sakit perut yang anda alami.

Sebagai Obat Mata Merah

Mata merah yang terjadi karena iritasi pun bisa anda sembuhkan dengan menggunakan daun miana. Cara yang paling mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan cara menempelkan alias mengompres mata anda dengan menggunakan daun miana yang sudah dibasahi dan juga dicacah – cacah. Dengan demikian, ini akan membantu menyembuhkan mata merah yang anda alami.

Itulah beberapa manfaat daun miana sebagai obat herbal alami tubuh kita. Semoga artikel mengenai manfaat daun miana ini dapat memberikan manfaat dan juga wawasan bagi anda semua. Terima kasih.(manfaat.co.id)

 



Reaksi Kamu

like
6
love
5
funny
2
angry
2
sad
0
wow
7