Manfaat Daun Gambir untuk Pria dan Wanita

Berbicara mengenai obat herbal, ada banyak sekali jenis tanaman yang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Salah satu tanaman obat yang tidak boleh dilewatkan adalah daun gambir. Tanaman merambat ini punya segudang manfaat, mulai dari manfaat gambir untuk pria, manfaat gambir untuk wanita, hingga manfaat gambir untuk wajah.
Manfaat Daun Gambir untuk Pria dan Wanita
Daun Gambir memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh./jurnalasia.com

Nusantaratv.com - Berbicara mengenai obat herbal, ada banyak sekali jenis tanaman yang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Salah satu tanaman obat yang tidak boleh dilewatkan adalah daun gambir. Tanaman merambat ini punya segudang manfaat, mulai dari manfaat gambir untuk pria, manfaat gambir untuk wanita, hingga manfaat gambir untuk wajah.

Peneliti LIPI Dr. Galuh Widiarti, mengatakan daun gambir ternyata mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan ini muncul karena adanya senyawa yang bernama Katekin. Kandungan katekin yang terdapat di dalam daun gambir mencapai 90%. Jadi, manfaat antioksidan yang ada di dalam daun gambir sangat baik untuk tubuh manusia.

(Katekin (bahasa Inggris: catechin) adalah segolongan metabolit sekunder yang secara alami dihasilkan oleh tumbuhan dan termasuk dalam golongan flavonoid. Senyawa ini memiliki aktivitas antioksidan berkat karena gugus fenol yang dimilikinya — id. wikipedia.org)

Baca Juga: Banyak Manfaat Alang-alang Bagi Kesehatan

Gambir banyak tumbuh di wilayah Sumatera, dan sudah sejak lama dipercaya masyarakat dapat mengatasi pelbagai masalah kesehatan, pun merawat dan meningkatkan stamina tubuh. Manfaat gambir untuk kesehatan ini tidak lepas dari sejumlah kandungan zat yang ada di dalamnya yang bersifat antioksidan dan antibakteri.

1 / 8
Selanjutnya