Manfaat dan Efek Samping Buah Nanas

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak digemari di negeri ini. Rasa keasaman pada nanas, sering membuat nanas dijadikan macam-macam hidangan kuliner seperti rujak, asinan atau sebagai bahan pelengkap pada resep masakan.
Manfaat dan Efek Samping Buah Nanas
Nanas, buah dengan rasa segar./health.detik.com

Jakarta, Nusantaratv.com - Nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak digemari di negeri ini. Rasa keasaman pada nanas, sering membuat nanas dijadikan macam-macam hidangan kuliner seperti rujak, asinan atau sebagai bahan pelengkap pada resep masakan.

Buah tropis ini banyak dihidangkan pada musim panas untuk menjaga tubuh dari kekeringan. Kandungan vitamin C yang tinggi dan berbagai mineral di dalamnya, menjadikan buah ini menjadi favorit untuk menjaga kesehatan tubuh tetap bugar. Bahkan, nanas juga dapat dicampurkan ke dalam masakan sebagai pelunak daging dan penyedap alami. Buah nanas lebih dari sekadar enak, tapi juga kaya manfaat.

Berikut 10 manfaat buah nanas yang perlu kamu ketahui:

1. Melawan radikal bebas


Source: akurat.co
 

Salah satu manfaat tertinggi dari buah nanas adalah tingginya kandungan vitamin C di dalam yang menjadikannya sebagai buah antioksidan. Vitamin C dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas. Menambahkan jus nanas sebagai asupan harian dapat mengurangi kerusakan oksidatif, yaitu efek samping yang dihasilkan dari proses metabolisme di dalam tubuh yang disebabkan oleh oksigen.

Informasi nutrisi nanas:

  • Kalori : 50 kcal
  • Vitamin C : 47,8 mg
  • Kalium: 109 mg
  • Magnesium : 12 mg
  • Vitamin A : 58 IU
  • Kalsium : 13 mg
  • Gula : 10 gr
  • Karbohidrat : 13 gr
  • Serat pangan : 1,4 gr

2. Mencegah penyakit jantung


Source: hellosehat.com

Bagi kamu, khususnya kaum adam, yang khawatir akan kesehatan jantungmu, perlu tahu kalau salah satu manfaat utama jus nanas adalah kemampuanya melawan penyakit jantung. Vitamin C dalam jus nanas dapat mencegah terjadi oksidasi kolesterol sehingga mencegah kolesterol berubah menjadi plak yang menyumbat pembuluh arteri. Kandungan kaliumnya yang tinggi dapat membantu menyeimbangkan jumlah air yang disimpan di dalam tubuh sehingga menormalkan tekanan darah.


3. Menurunkan berat badan


Source: Pexels

Nanas sarat dengan kandungan gula alami, yang membuatnya sangat efektif meredam keinginan akan makanan yang manis. Nanas juga membuat tubuh terasa kenyang. Kandungan seratnya juga dapat melancarkan buang air besar dan membuang racun serta lemak dari dalam tubuh. Bisa dibilang nanas mengandung semua yang kamu butuhkan untuk lebih kurus. Jika kamu merasa ingin makan yang manis-manis, buatlah segelas jus nanas untuk meredakan rasa lapar.


4. Meningkatkan imunitas tubuh


Source: Lazare

Vitamin C adalah salah satu antioksidan terkuat di dunia yang mudah didapatkan di dalam di dalam buah berwarna kuning dan orange. Nanas memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C dan bromelain di dalamnya. Hal ini memungkinkan tubuh terlindung dari bakteri, virus, jamur dan kuman. Nanas juga mencegah pilek dan flu musiman.


5. Menjaga kesehatan tulang


Source: PublicDomainPictures

Tulang membutuhkan kalsium, silikon dan mangan agar menjadi kuat dan sehat. Nanas mengandung banyak mangan yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang. Secangkir jus nanas cukup memberikan hampir 75 persen mangan yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Mangan tidak hanya memperkuat tulang, tetapi juga melindungi jaringan ikat, seperti tendon dan ligamen, sehingga mengurangi risiko cedera yang parah.


6. Menjaga kesehatan mata


Source: merdeka.com

Ketika kamu semakin menua, maka sel-sel mata cenderung semakin memecah, yang dikenal sebagai degenerasi makula. Sebagian besar orang mengalami proses ini. Namun, salah satu cara terbaik mencegah degenerasi makula adalah dengan meningkatan asupan vitamin A. Jus nanas mengandung banyak beta karoten, nutrisi di dalam makanan yang diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Jika Anda ingin menjaga kesehatan mata, maka minum jus nanas bisa jadi solusi.


7. Mencegah kanker

CancerSource: PDPics

Nanas tidak hanya efektif dalam memerangi radikal bebas, tetapi juga dapat mengatasi kanker secara langsung, khususnya kanker prostat yang pada umumnya diderita oleh kaum pria. Pria terbukti efektif melawan kanker prostat berkat kandungan beta-karotan yang dapat menurunkan risiko kanker prostat sebanyak 32 persen. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat menurunkan risiko kanker prostat.


8. Meningkatkan fungsi pencernaan


Source: SusannWeiss

Nanas mengandung banyak serat dan air sehingga dapat membantu mengurangi risiko sembelit, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan dan membersihkan limbah dari dalam tubuh. Karena banyak mengandung air, tubuh juga menjadi terhidrasi dan terhindar dari kekeringan. Bagi kamu yang susah buang air besar, bisa mencoba meminum segelas jus nanas untuk melancarkan buang air besar.


 9. Meningkatkan kesuburan


Source: Felipe Fernandes

Salah satu manfaat buah nanas ternyat dapat mempengaruhi sistem reproduksi pada wanita. Antioksidan dalam jus nanas meningkatkan kesuburan dan menyingkirkan radikal bebas. Jus nanas kaya akan seng, tembaga, beta karoten, folat dan mineral lain yang membantu laki-laki dan perempuan mendapatkan sistem reproduksi yang sehat. Hebatnya lagi, minum jus nanas secara teratur dalam meningkatkan peluang kehamilan.


10. Menjaga kesehatan kulit


Source: AdinaVoicu

Makan atau minum nanas adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan kulit kamu, bahkan bisa digunakan sebagai masker kulit yang alami. Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah. Dengan lebih banyak vitamin C berarti kulit dapat lebih banyak menghasilkan kolagen dan elastin. Mengonsumsi jus nanas membantu mempercepat penyembuhan kulit yang cedera, mengurangi keausan pada kulit dan meningkat tekstur kulit.

Selain manfaatnya di atas, penting juga kamu ketahui risiko mengonsumsi nanas jika terlalu berlebihan:

  • Konsumsi nanas dapat menyebabkan reaksi alergi karena memiliki sifat ‘melunakkan daging’.
  • Gula darah. Nanas adalah salah satu buah yang mengandung gula alami yang sangat tinggi, sehingga dianggap tidak cocok untuk diabetes. Para penganut pola makan Food Combining percaya jika nanas tetap dapat dikonsumsi selama bukan setelah mengonsumsi karbohidrat.
  • Reaksi bromelain. Bromelain pada nanas ditemukan dalam jus nanas dan batang pohon nanas. Kandungan bromelain juga sangat tinggi pada nanas muda. Bromelain bertindak sebagai pengencer darah sehingga dapat meningkatkan risiko pendarahan. Ibu hamil diharapkan tidak mengonsumsi nanas.
  • Interaksi obat. Ketika nanas segar dikombinasikan dengan antibiotik seperti amoxicillin dan tetrasiklin kemungkinan dapat mengakibatkan efek samping seperti nyeri dada, hidung berdarah, menggigil, pusing dan demam.
  • Dapat merusak gigi. Meskipun nanas mengandung mineral yang baik untuk kesehatan tualng dan gigi, namun keasaman nanas dapat melembutkan enamel dan merusak gigi.

Nah, itulah 10 manfaat buah nanas bagi kesehatan dan bahaya yang perlu kamu ketahui sehingga bisa kamu hindari. Nanas adalah buah yang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. Selain itu, buah nanas mudah diperoleh di sekitar kita sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan manfaatnya.

Tetap jaga kesehatan dan atur pola makanmu, ya!(cintaihidup.com)



Reaksi Kamu

like
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0