Kenali Makanan Pencegah Diabetes dan Jantung

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan kedelai. Kacang yang satu ini biasa diolah menjadi susu atau bahan makanan ringan. Tidak hanya enak, para pakar kesehatan menyebut kedelai sebagai salah satu makanan yang dapat membantu mencegah datangnya diabetes.
Kenali Makanan Pencegah Diabetes dan Jantung
Kacang kedelai memiliki banyak manfaat, jika dikonsumsi rutin dapat mencegah datangnya penyakit diabetes dan jantung./bisnisukm.com

Nusantaratv.com – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan kedelai. Kacang yang satu ini biasa diolah menjadi susu atau bahan makanan ringan. Tidak hanya enak, para pakar kesehatan menyebut kedelai sebagai salah satu makanan yang dapat membantu mencegah datangnya diabetes.

Bagaimana Cara Kedelai Dapat Mengurangi Risiko Diabetes?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Youngcheul Ki dari University of Massachusetts, Amerika Serikat. Dinyatakan bahwa kandungan bioaktif dalam kedelai dalam bentuk isoflavon memang terbukti secara signifikan mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.

BACA JUGA : Ini Bahayanya Kebanyakan Makan Pisang

Konsumsi rutin bahkan dapat mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes.

“Apa yang kita makan dapat memiliki dampak besar pada kesehatan kita karena kandungan dalam makanan akan bereaksi dengan beberapa jenis gen. Penelitian ini menghasilkan fakta bahwa diet secara signifikan bisa mempengaruhi risiko penyakit Anda,” kata Kim.

Kedelai dikenal luas sebagai makanan dengan kandungan isoflavon terbanyak yang mudah ditemukan. Para peneliti memeriksa satu dari dua jenis isoflavon pada kedelai, yaitu daidzein dalam sel pada tikus percobaan. Hasilnya, gizi ini memang dapat memiliki pengaruh besar pada insulin, risiko diabetes, dan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Sumber: viva.co.id



Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0